Buka Hingga Malam, Perpusda Dongkrak Tingkat Kunjungan dan Minat Baca Masyarakat

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus yang berada di barat lapangan sepak bola Stadion Wergu Wetan, sejak Senin (18/12/2017) telah membuka pelayanan hingga malam hari.


Pelayanan jam berkunjung diantaranya hari Senin - Jum'at melayani dari jam 08.00 - 20.30. Untuk hari Jum'at melayani pada jam 08.00 - 11.00, jeda untuk sholat Jum'at lalu pelayanan dilanjutkan kembali pada jam 14.00 - 20.30. Kemudian untuk hari Sabtu pelayanan hanya setengah hari, yakni pada jam 08.00 - 13.00, dan hari Minggu-nya Libur.

"Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan mengajak masyarakat untuk rajin baca buku, Apalagi pendaftaran anggota sangat mudah dan gratis," jelas Masyudi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus.

Peningkatan SDM tadi, kata Masyudi, tentunya diharapakan akan berdampak pada kemajuan daerah. Harus diakui kata dia, indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Kudus, belum maksimal. “IPM di Bulungan masih rendah. Maka itu, gerakan membaca ini sangat penting,” katanya saat ditemui isknews.com usai acara puncak Bulan Kunjung Perpustakaan (BKP), Selasa (19/12/2017).

Dijelaskan Masyudi, Cara mengajukan keanggotaan perpustakaan sangat mudah, Pendaftar tinggal datang membawa identitas diri dan menulis biodata diri, lalu pendaftar di foto dan proses selesai, setelahnya tinggal menunggu hingga kartu yang berlaku seumur hidup itu jadi.

Ia menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar, masyarakat hingga para aparatur sipil negara, adalah dengan membuka perpustakaan hingga malam hari. "Terlebih posisi Kantor Perpustakaan sekarang sudah sangat strategis, dimana letaknya ditengah-tengah keramaian, yakni antara taman krida wisata, balai jagong dan sport center," ujarnya

Jam buka hingga malam ini juga diharapkan mempengaruhi jumlah kunjungan. “Kalangan PNS, pekerja, mulai pagi sampai sore disibukkan dengan aktivitas, begitu pula para pelajar. Diharapkan dengan perpustakaan yang buka sampai malam hari mereka dapat meluangkan waktu untuk membaca di perpustakaan,” katanya. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.