Christanty : Blog Personal Kini Sedang Jadi Incaran


LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Ada bermacam-macam blog, salah satunya adalah blog personal itu sendiri. Blog personal inilah yang kadang diartikan sebagai buku diary online. Isinya beragam tergantung pemiliknya, biasanya ditulis menggunakan sudut pandang dari penulis.



Lalu apa menariknya blog personal? Blog personal saat ini sedang menjadi incaran para online promotion yang ingin mempromosikan produknya dari segi testimoni. Karena blog personal bisa mewakili pemikiran pemiliknya. “Kasarannya, blog itulah mulut kita yang bisa menyuarakan apapun untuk mempengaruhi orang.”

Hal itu disampaikan oleh Christanty Putri Arty, doctor jurusan Manajemen Informatika Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang, dalam acara Kumpul Blogger, Rabu (20/12/27), di aula Taman Krida Wisata, Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kudus. 

Event dengan tema “Pemanfaatan Tehnologi Informasi secara bijak dan sehat menuju masyarakat Kudus yang semakin sejahtera” itu, itu menampilkan tiga nara sumber. Selain Christanty Putri Arty, dua nara sumber lainnya adalah, Kepala Bagian Operasional (KBO) Sat Binmas Polres Kudus, Iptu Heri, Jaksa Fungsional Pidana Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus, Tolchah Yasir. Hadir sekitar 100 orang peserta, terdiri dari mahasiswa, pelajar, santri ponpes dan masyarakat umum.

Menurut Putri, seiring berkembangnya dunia online, sekarang semakin menjamur blog personal membuat persaingan semakin sengit. Ide menulis blog personal lebih luas dan lebih mudah digali daripada ide menulis buku. Blog personal yang pengelolaannya terserah pemiliknya, tidak terikat dengan tema dan tidak pula tergantung kepada kebijakan dari manapun. Kita bebas menulis apa saja. Berbeda ketika kita mengelola blog tematik, setiap tulisan kita akan terbentur dari tema yang ditentukan.

“Akan tetapi kendala yang lebih besar mau enggak kita menuliskannya? Ide apa saja sih yang biasanya diminati oleh pengunjung blog?”

Diantara beberapa blog personal yang menarik banyak perhatian pengguna medsos, lanjutnya, adalah curhat pribadi atau cerita sehari-hari. Pembahasan ini sangat menarik bagi orang yang kepo dengan kita. Jangan bilang tak ada orang yang kepo. Itu hanya pemikiran pribadi, kita enggak tahu siapapun yang menyasar blog dan tertarik dengan tulisan yang kita buat lantas mencari tahu siapa kita? “Bisa jadi calon klien yang akan memakai jasa review akan mencari tahu siapa kita dari postingan2 di blog. Biasanya curhat pribadi diminati oleh pembaca setia blog.”

Masih enggak ada ide? Putri yang meskipun sebagai endoors bloger, namun masih mempunyai idelisme itu, menambahhkan, di antara postingan yang juga tidak kalah menarik, adalah pembahasan issue hangat. Mungkin bisa dibilang postingan ini postingan musiman. Tetapi perannya bisa mendongkrak traffic blog. Sebut saja ketika isue Jerry Yan akan menikah minggu kemarin, saya menulisnya di sini http://www.nunuelfasa.com/…/benarkah-jerry-yan-jvkvf4-akan-… sekarang dibaca lebih dari 5.000 kali. Jika kita bisa cepat mengulasnya tanpa menunggu nanti atau esok, bisa jadi blog kita akan terindeks paling atas oleh google.

“Bahkan postingan saya yang lain yang tentang PR Matematika SD, masih di sasar sampai sekarang. Memang pembahasan isue hangat terkadang bertolak belakang dengan peran blog kita sebagai blog personal. Tetapi masih bisa disiasati dengan menulisnya dari sudut pandang pribadi.” (DM)

No comments

Powered by Blogger.