Di Kudus, CFN dan Pergantian Tahun Baru Tanpa Panggung Hiburan

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Malam pergantian tahun baru di Kabupaten Kudus yang akan dilaksanakan pada Ahad, 31 Desember 2017 malam mendatang, akan berlangsung dalam suasana yang tidak seperti tahun sebelumnya. Pasalnya, perayaan tahun baru kali ini, akan berurutan dengan Car Free Night (CFN) yang diselenggarakan pada satu hari sebelumnya, yakni Sabtu, 30 Desember 2017. Dua keramaian itu akan digelar di lokasi atau tempat yang sama, di alun-alun Simpang Tujuh, Kudus.

Namun pada moment yang ditunggu-tunggu oleh warga masyarakat itu, yakni malam pergantian tahun baru 2017 – 2018, tidak akan dijumpai panggung hiburan. Sebagai gantinya, dipendopo Kabupaten Kudus, akan diadakan acara bernuansa religi, yakni pengajian dari mulai pukul 20:00 WIB sampai selesai.


Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, Putut Sri Kuncoro, yang dihubungi isknews.com, Rabu (27/12/17), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, pada Sabtu (30/12) mendatang itu, memang jatuh pada giliran penyelenggaraan CFN, yakni setiap minggu keempat atau akhir bulan. “Karena berurutan dengan akhir tahun 2017, maka CFN itu diteruskan atau dilanjutkan dengan keramaian malam pergantian tahun baru 2018, pada malam berikutnya.”

Terkait dengan hal itu, lanjutnya, persiapan pun telah dilakukan oleh Satuan LLAJ Dishub yang berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kudus. Koordinasi itu menyangkut rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas pada titik-titik tertentu yang merupakan akses masuk ke alun-alun Simpang Tujuh.

Pada saat dilaksanakan CFN, pengalihan arus lalu lintas penutupan ruas jalan masuk ke Simpang Tujuh, seperti biasanya akan mulai ditutup pada pukul 18:00 WIB. “Penutupan jalan itu akan berlangsung sampai pukul sampai dengan pukul 23:00 WIB. Pengunjug diberikan keleluasaaan dengan durasi waktu lebih lama, karna CFN pada malam itu, adalah CFN terakhir pada 2017.

Selanjutnya, pada malam berikutnya, (31/12/17) juga akan dilakukan penutupan jalan di lokasi yang sama, dimulai pada pukul 21:00 WIB, sampai pukul 00:00, pada puncak malam pergantian tahun baru 2018. Seperti CFN, pada perayaan malam tahun baru 2018 itu, juga tidak ada panggung hiburan. Sebagai gantinya, di pendopo Kabupaten Kudus, akan diselengarakan pengajian, dari mulai pukul 20:00 WIB sampai selesai.

“Untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi masyarakat yang melewatkan malam tahun baru itu, puluhan personil atau petugas keamanan akan siap diterjunkan. Petugas kemananan itu terdiri aparat Dishub sebanyak 40 orang, serta Sat Lantas Polres yang jumlahhya sekitar 200 orang,” jelas Kabid LLAJ Dishub Kabupaten Kudus itu. (DM)

No comments

Powered by Blogger.