Lagi, Bea Cukai Kudus Amankan Rokok Ilegal Senilai Rp 634 Juta

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai (KPPBC-TMC) Kudus belum lama ini mengamankan rokok sigaret kretek mesin (SKM) sebanyak 968.000 batang pada Kamis, 21 Desember 2017 sekitar pukul 23.00 WIB.


Bea Cukai terus intensif lakukan pengawasan dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai. Salah satu upaya nyata yang dilakukan Bea Cukai wilayah kerja KPPBC TMC Kudus adalah dengan dengan melaksanakan Operasi Patuh Ampadan yang ditujukan untuk meningkatkan pengendalian peredaran barang kena cukai ilegal. "KPPBC terus menindak peredaran dan produksi barang kena cukai (BKC) ilegal," kata Imam Prayitno Kepala KPPBC-TMC Kudus saat ditemui isknews.com setelah sosialisasi tarif cukai hasil tembakau, beberapa waktu lalu.

Dalam siaran pers yang diterima isknews.com belum lama ini menceritakan, kronologi penangkapan terjadi saat tim Intelijen dan Penindakan KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus memperoleh informasi tentang adanya pengiriman Barang Kena Cukai (BKC) berupa Hasil Tembakau yang diduga ilegal menggunakan sebuah jasa ekspedisi di daerah Pati, atas informasi tersebut, Tim Seksi Intelijen dan Penindakan melakukan pemantauan di sekitar lokasi di Jalan Raya Pati-Gabus KM.1, Kabupaten Pati. "Pada pukul 22.00 WIB tim Seksi Intelijen dan Penindakan mendapati kedatangan sebuah truk dan truk tersebut parkir di depan ekspedisi untuk melakukan pemuatan barang," katanya

Selanjutnya, Tim Intelijen dan Penindakan KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus segera melakukan pencegahan terhadap truk tersebut, dan kemudian melakukan pemeriksaan awal di dalam box truk dan di dalam gudang yang diduga digunakan untuk menimbun sementara barang kiriman berupa rokok. Dari hasil pemeriksaan di dalam gudang ditemukan barang bukti berupa Rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai.

"Untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut, barang bukti dan seorang buruh ekspedisi yang berinisial RS (29 tahun) diamankan ke KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus untuk dimintai keterangan lebih lanjut," katanya

Dari hasil tersebut, "Perkiraan nilai barang mencapai Rp 634.040.000,-. Sedangkan total potensi kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 324.280.000,-,” tutupnya. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.