Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Mencetak Generasi Muda Berkarakter

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan tema "Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan" telah diselenggarakan di SMK NU Miftahul Falah Cendono Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Selasa, (19/12/2017).


Materi Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dan Bela Negara ini diikuti sekitar 70 siswa-siswi. LDK sebagai pelatihan dasar yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan melanjutkan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS.

Bela Negara yang disampaikan Pelda Kasmono (Bati Tuud Ramil 07/Dawe) antara lain Maksud dan tujuan PBB adalah menanamkan jiwa disiplin dan melatih fisik dan mental sekaligus menjaga badan bisa tegap bersikap disiplin dan tanggung jawab.

Dikatakan Kasmono, Dalam PBB harus fokus jangan melamun selalu semangat latihan tidak asal asalan dilaksanakan sesuai aturan yang benar. Lebih lanjut, Bela negara itu sikap dan perilaku warga negara dalam menjaga kesatuan RI dari segala macam ancaman,tantangan hambatan dan gangguan yang dilandasi oleh pancasila dan UUD 1945 serta nilai nilai bela negara.

Bela Negara adalah tekad sikap dan prilaku warga Negara yang dilakukan secara teratur menyeluruh dan terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara. "Kita harus yakin bahwa Pancasila dasar Negara kita dan UUD 1945 landasan hukum kita seperti mentaati tata tertib," ujarnya

Seperti yang dijelaskan pada Pasal 30 ayat 1 UUD 45 dan 27 ayat 3 menjelaskan bahwa setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara. "Fungsi bela Negara adalah mempertahankan Negara dari berbagai ancaman,menjaga keutuhan wilayah negara, merupakan kewajiban setiap warga negara," ungkapnya.

Sementara itu, Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Pelda Kasmono (Mewakili Danramil 07/Dawe), Drs Sutrisno (Kasek SMK NU Miftahul Falah), Sertu Dopo Edy Pranoto (Babinsa Cendono), Slamet Murni S.Pd (Waka kesiswaan), Arinal Muna (Pembina Osis), Guru dan Siswa siswi SMK NU Miftahul Falah. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.