Perayaan Hari Natal di Kudus Aman, Lancar dan Kondusif

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Secara Umum peryaan hari Natal tahun 2017 bagi umat Nasrani di Kabupaten Kudus berlangsung aman, lancar dan khidmat. Umat Nasrani di Kudus, terdiri dari anak-anak, muda dan tua sejak pukul 06.00 WIB berbondong-bondong mendatangi gereja masing-masing untuk mengikuti misa Natal pada, Senin (25/12/17).

Misa atau kebhaktian ibadah Natal telah dilaksanakan oleh umat kristiani di kota kretek ini sejak Minggu pagi kemarin dan masih akan berlangsung hingga malam hari nanti, dan hari ini tadi sebagai puncak pelaksanaan ibadah misa Natal, seluruh gereja yang ada di wilayah Kabupaten Kudus dipadati umat Kristiani untuk beribadah merayakan hari Natal.



Seperti disampaikan oleh Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning pada gelar sterilisasi dan pengamanan gereja-gereja di Kudus, meskipun situasi Kamtibmas di Kudus tergolong sangat kondusif, tapi seluruh gereja di daerah ini diamankan secara ketat oleh aparat kepolisian dan TNI setempat.

“Kami mengerahkan ratusan personil untuk mengamankan kegiatan perayaan Hari Natal pada 35 gereja yang ada di Kudus bersama rekan kami dari TNI, Satpol PP dan Banser,” terangnya.

Hal ini dilakukan agar perayaan Natal bagi umat Nasrani di Kudus , dapat berjalan lancar, aman dan meriah. Selain itu, pengamanan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman gangguan keamanan.

Ia mengatakan, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, di berbagai tempat keramaian, rumah ibadah dan tempat lainnya dijaga ketat oleh aparat kepolisian dibantu anggota TNI.

Hal ini dilakukan agar aktivitas masyarakat Kudus, tidak terganggu dan berjalan lancar sesuai harapan. "Kita berharap situasi Kamtibmas di Kudus tetap terpelihara dengan baik, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan baik, lancar dan aman," ujarnya.
Sementara terdata sejak hari Minggu 24 Desember 2017 kemarin beberapa gereja telah merayakan Natal dengan menggelar misa seperti yang berlangsung pada kemarin pagi pukul 07.30 WIB di GBIK( Gereja Baptis Indonesia Kudus) Jl. Kepodang No.2 Kelurahan Panjunan Kudus telah berlangsung Perayaan Natal Tahun 2017 dengan tema "Siap Melaksanakan Kehendak Allah ", perayaan Natal tersebut dipimpin oleh Pendeta Supayitno.STH dengan diikuti oleh sekitar 70 jamaah.

Seperti halnya di GKMI Rayon ll Jl.Pangeran Diponegoro No.9 Desa Nganguk Kudus telah berlangsung Perayaan Natal Tahun 2017 dengan tema “Percaya dan Taat Menanti Sang Juruselamat,” dipimpin oleh Pendeta Timotius Lienardi dengan diikuti sekitar 200 jamaah.

Selanjutnya di GITJ Pepanthan Dusun Krajan RT 2 RW III Desa Tumpang Krasak Jati Kudus dilaksanakan perayaan Natal 2017 dengan tema “melayani dengan kasih dan perdamaian”, dipimpin oleh Pdt. Yusuf Dwi Handoko dihadiri sekitar 130 orang jemaat.

Sorenya pada pukul 17.00 WIB di GKMI JEKULO Desa Klaling Jekulo Kudus perayaan Natal jemaat dengan tema “Kesukaan Besar Untuk Seluruh Bangsa” dipimpin oleh Pdt. Resnu Titik Jokolegowo S.th dihadiri sekitar 150 orang jemaat.

Sementara itu, di GKMI (Gereja Kristen Muria Indonesia) Kaliwungu Jl Kudus-Jepara no 122 Desa Kedungdowo RT 03 RW 06 Kaliwungu Kudus, perayaan ibadah malam Natal GKMI Kaliwungu bertema " Bersuka cita dalam pengharapan " dengan Pendeta Moses D Livingstone dihadiri sekitar 120 orang jemaat.

Lalu di GKMIK( Gereja Kristen Muria Indonesia Kenari) Jl.Kenari No.6 Desa Panjunan Kudus, mengambil tema " Natal Tanpa Kristus" dengan dipimpin oleh Pendeta Yohanes Irawan dengan dihadiri 200 jamaat.

Kemudian di GBI (Gereja Bethel Indonesia) Desa Tanjungrejo RT. 07 RW.III Jekulo Kudus, perayaan Natal dipimpin oleh pendeta Yunus Gambara dengan tema " Tuhan Datang" dihadiri sekira 100 orang.

Lebih lanjut, Umat Katolik juga menggelar perayaan natal Pada hari Minggu 24 Desember 2017 pukul 17.30 WIB di Gereja Katholik ST. Yohanes Evangelista Jl. Sunan Muria No.6 Kota Kudus dilaksanakan Misa malam Natal 2017.

Misa malam Natal jemaat Gereja Katholik Santo Yohanes Evangelista dengan tema Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hati dipimpin oleh Pastur Celsus Hardosuyatno, MSF, diikuti 2000 jemaat yang hadir pada misa 1 pada pukul 19.30 WIB. Misa ke II malam Natal bertema “Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hati” dipimpin oleh Romo Leonardus Murialdo Tina Kusuma, MSF, diikuti oleh sekira 700 jemaat.

Gereja JKI Peduli Kasih Kayuapu RT 05/RW. XI Desa Gondangmanis Bae Kudus dilaksanakan perayaan Natal tahun 2017 dengan tema "Harmoni Dalam Perbedaan", dipimpin oleh Pdt.Yusuf Imam Budiono, Th.M. dihadiri sekitar 300 jemaat.

GKMI (Gereja Kristen Muria Indonesia) Rayon II Jl. Diponegoro 9 Nganguk Kudus melaksanakan kebhaktian malam Natal tahun 2017 dengan tema "Mengangkat Gita menabur Karya" dengan pimpinan Pdt. Eric. Sementara pada Senin (25/12/17) sejumlah kebhaktian Natal juga dilaksanakan di berbagai gereja diantaranya, jemaat umum GKMI JEKULO dengan tema “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memeritah Dalam Hatimu” dipimpin oleh Pdt. Resnu Titik Jokolegowo S.th yang dihadiri sekitar 100 orang jemaat.

Pada sekitar pukul 08.00 WIB di Gereja Katholik ST. Yohanes Evangelista Jl. Sunan Muria No.6 Kudus kembali dilaksanakan Misa Natal pagi yang bertema " Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu " dipimpin oleh Pastur YB.Haryono,MSF diikuti 516 jemaat.

GITJ (Gereja Injil di Tanah Jawa) Kayuapu RT 2 RW XI Desa Gondangmanis Bae Kudus dilaksanakan kebaktian Natal tahun 2017 dengan tema"Karakter Keristus", dipimpin Pdt Gilang wibisono (ketua Sinode GJKI Salatiga) yang dihadiri sekitar 400 jemaat GITJ Kayuapu.
Gereja JKI (Jemaat Kristen Indonesia) Peduli Kasih Dusun Kayuapu Gg. 27 RT 05 RW XI Desa Gondangmanis Bae Kudus juga melaksanakan ibadah Natal dengan tema "Harmoni Dalam Perbedaan" dipimpin oleh Pdt. Yusuf Imam Budiono, Th.M. dihadiri sekitar 100 jemaat.

GITJ Pepanthan Dusun Pandak RT 3 RW III Desa Colo Dawe Kudus telah dilaksanakan perayaan Natal dengan tema mengejar melayani dalam kasih dan perdamaian dipimpin oleh Pdt.Sidik Pramono dihadiri sekitar 30 orang jemaat.

GKMI ( Gereja Kristen Muria Indonesia) Kalirejo Rt 2 Rw 5 Kec Undaan Kudus telah dilaksanakan kebaktian natal d dengan tema " Semarak Dalam Karya, Sehati Dalam Misi" yang dipimpin oleh pendeta Daniel Listyabudi dari Jogjakarta diikuti sekitar 80 orang Jemaat.

GSJPDI (Gereja Sidang Jemaat Pantai Kosta Indonesia) Jemaat Bukit Sion Jalan Raya Kudus - Pati KM 3 Desa Dersalam RT. 03 RW. V Bae Kudus dipimpin pendeta oleh Pendeta Yeyasa Raden Setiawan dengan tema "Kamu harus hadir kembali (Yohanes 3;7)".
Gereja Injil Tanah Jawa Jl. Sunan Muria No.51B Kota Kudus dilaksanakan Misa Natal pagi jemaat Gereja Injil Tanah Jawa dengan tema " Allah Dalam KemurahanNya Menyelamatkan Kita" dipimpin oleh Pastur Herin Kahadi Jayadi diikuti 300 jemaat.
GITJ Immanuel RT 1 RW II Desa Tumpang Krasak Jati Kudus dilaksanakan perayaan Natal dengan tema "Hendaklah damai sejahtera kristus memerintah dalam hatimu "dipimpin oleh Pdt. Miljuto dihadiri sekitar 120 orang jemaat. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.