Saka Bakti Husada Kudus Galakkan Minum Tablet Tambah Darah

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Gerakan minum tablet tambah darah (GEMITRA) telah dilaksanakan oleh Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada yang bertempat di gedung Indoor GOR Bungkarno, Wergu wetan Kudus, Kamis, (14/12/17).



Acara tersebut diikuti peserta sebanyak 950 orang yang terbagi dalam 19 puskesmas. "Jadi setiap puskesmas mengirimkan remaja putri 50 pelajar yang terdiri dari tingkat SMP/Mts ,SMA/MA dan Sederajat," kata Ketua Dewan Saka Bakti Husada, Asrof Muzaiqi kepada isknews.com.

Lebih lanjut, Sebelumnya pada tahun 2016 lalu, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pada remaja putri tingkat provinsi, Adapun tahun 2017 kita tindak lanjuti di tingkat Kabupaten dengan Roadshow Sosialisasi TTD pada remaja ke sekolah-sekolah dilanjut dengan Gemitra, yakni bersama-sama minum tablet tambah darah (TTD), selanjutnya tiap minggu/1 tablet, dan itu dilakukan minimal selama 3-4 Bulan.

Dikatakan Asrof, Suasana semakin menarik dengan adanya diskusi juga tanya jawab antara peserta dan narasumber dr Abdul Hakam, Sp.A, Msi, Mmed.

Pencanangan gerakan tersebut dilakukan sebagai langkah upaya agar remaja putri terhindar dari penyakit anemia. "Tujuan kegiatan ini dilaksanakan sosialisasi kesehatan, terkait usaha promotif dan preventif terkait pencegahan anemia pada remaja putri," jelas Asrof

Penampilan pentas seni (pensi) berupa tari kreasi nusantara juga ditampilkan, serta dikolaborasikan dengan tari cuci tangan, "Kita ingin mengajak semua orang untuk membiasakan cara hidup sehat yang dapat dimulai dengan perilaku sehat cuci tangan yang benar," ujarnya (AJ)

No comments

Powered by Blogger.