Ada Masalah Dengan Dana Desa, Kepala Desa Panjang Dipecat

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Kepala Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Arif Dharmawan, akhirnya dipecat dari jabatannya, terhitung sejak 1 Januari 2018. Pemecatan itu terkait permasalahan dana desa Tahun Anggaran (TA) 2017 yang sampai dengan jatuh batas akhir, dana desa yang disalurkan untuk Desa Panjang itu, tidak bisa dicairkan.

Bupati Kudus H Musthofa, dalam keterangannya kepada awak media, saat usai menjadi pembicara pada acara pembinaan ASN di pemerintahan desa, pendidikan dan kesehatan se Kecamatan Jati, Selasa (16/01/18), di aula Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, membenarkan hal itu.

Menurut bupati, tindakan tegas itu dilakukan, karena kepala desa yang bersangkutan sudah tidak bisa diarahkan dan dibina. Karena sudah jelas dia bersalah dan tidak mau memperbaiki kesalahannya, ya sudah, pecat saja.”



Pemberhentian secara tidak hormat Kepala Desa Panjang itu, juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus, Adi Sadhono.

Dihubungi isknews.com, saat mendampingi bupati, dia mengungkapkan, Kepala Desa Panjang Arief Darmawan dipecat, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kudus, tanggal 1 Januari 2018.

“Pemecatan itu sudah sesuai prosedur, karena sebelumnya sudah melalui proses pemeriksaan di Inspektorat.”

Berdasarkan hasil kajian Inspektorat kepala Desa Panjang memang tidak bisa mencairkan dana desa tahun 2017 karena belum menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahun 2016 serta belum menyusun APBDes 2017.

Persyaratan utama untuk mencairkan, memang tidak bisa dipenuhi, seperti laporan penggunaan dana desa tahun 2016 serta APBDes tahun 2017.

“Desa Panjang, seharusnya mendapatkan alokasi dana desa sebesar Rp789,56 juta itu, juga belum menyusun Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) 2017.” (DM)

No comments

Powered by Blogger.