Akan Pindah Ke Tempat Baru, Pedagang Pasar Besito Mulai Bangun Lapak

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Pasar Besito baru, di Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, segera ditempati. Kepindahan pedagang dari pasar lama pasar baru, dijadwalkan paling lambat pada 1 Februari 2018 mendatang. 

Karena boyongan yang tinggal beberapa hari lagi itu, sejumlah pedagang ada yang sudah mulai membangun lapak untuk berjualan, baik yang menempati los mau pun kios di pasar yang baru itu.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Andi Imam Santoso, yang dihubungi isknews.com, Rabu (17/01/18), di ruang kerjanya, relokasi pedagang Pasar Besito lama ke Pasar Besito baru sudah tidak ada masalah. 



Para pedagang yang jumlahnya 85 orang, setuju menempati pasar baru yang letaknya di tepi jalan desa, sekitar 500 meter dari pasar lama, setelah diberikan sosialisasi dan pengundian kios mau pun los. “Dengan cara pengundian itu, selain pedagang diperlakukan secara adil, juga semuanya mendapatkan tempat.”

Pasar Besito baru itu, lanjutnya, penggunaannya sebenarnya sudah bisa dimulai pada 1 Januari 2018, menyusulkan diresmikannya pasar tersebut bersama ratusan proyek lainnya yang dibangun pada Tahun Anggaran (TA) 2017, oleh Bupati Kudus H Mustofa, dalam acara pengajian umum menyongsong malam Tahun Baru 2018, di pendopo Kabupaten Kudus.

“Namun para pedagang sepakat akan pindah pada 1 Februari 2018. Alasan mereka, hari itu merupakan hari yang baik, atau saat yang tepat untuk mengawali berjualan di tempat yang baru.” 

Pembangunan Pasar Besito baru dimulai sejak 2015 dan dilakukan secara bertahap. Hingga 2017 total anggaran Rp 4,9 miliar dengan jumlah kios sebanyak 47 unit dan los berjumlah 38 unit.

Proyek yang pengadaannya oleh Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus itu, kegiatanya berupa revitalisasi atau pengembangan pasar dan distribusi produk. (DM)

No comments

Powered by Blogger.