Akbid Pemkab Tandatangani MoU Bersama RSUD dan DKK Kudus

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Penandatanganan kerjasama (MoU) antara Akademi Kebidanan (Akbid) Pemkab Kudus dengan RSUD dr Loekmonohadi, dan antara Akbid Pemkab Kudus dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, telah berlangsung, Jumat (26-01-2018) pagi.

Acara yang bertempat di aula lantai tiga RSUD dr Loekmonohadi itu, dihadiri Bupati Kudus Musthofa, Sekda Noor Yasin, segenap camat dan OPD terkait, serta sejumlah mahasiswa Akbid Pemkab Kudus.

Diketahui, MoU bersama RSUD Kudus terkait tentang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan pemanfaatan aset. Sedangkan MoU bersama DKK, dalam bentuk pembelajaran praktik di Puskesmas yang ada di Kabupaten Kudus.

Bupati Kudus dalam sambutannya memberikan apresiasi adanya bentuk kerjasama ini. Terlebih, dunia pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Apalagi historisnya, Akbid Pemkab dulunya adalah milik Pemkab Kudus, sebelum dipegang pihak swasta, yakni yayasan Muria Bina Insan Mulia.


Diharapkan, lanjut Bupati, program studi Akbid Pemkab Kudus lebih fokus ke arah sistem vokasi, dimana 70 persen materi pendidikan ada dilapangan dan 30 persen untuk diskusi.

"Dosen pendidik hanya membimbing, nantinya hasil bisa dievaluasi melalui kajian bersama bagaimana mahasiswa selama paktek di lapangan. Nantinya akan saya pantau," jelasnya.

Bupati juga mempertegas, untuk Akbid Pemkab nantinya tidak boleh memungut biaya uang gedung pendidikan. "Hal itu tidak kompetitif, cost untuk biaya kuliah harus dibikin minimalis," ujarnya.

Sementara MoU dengan DKK dalam bentuk pembelajaran praktek di Puskesmas yang ada di Kabupaten Kudus.

Dicontohkan Bupati, jika ada mahasiswa yang dari Kecamatan Dawe, prakteknya di wilayah Dawe. "Nantinya, saya minta para dosen pembimbing tidak usah ke kantor langsung, namun langsung on the spot ke lapangan saja," imbuhnya.

Nantinya mahasiswa yang punya kemampuan akademis bisa praktek di UPT Puskesmas yang ada di bawah Dinas Kesehatan (DKK) Kudus. "Kalau lembaga pendidikan lain bisa maju, kenapa Akbid Pemkab tidak juga demikian?" tanyanya kepada para hadirin.

Seluruh jajaran RSUD dan Dinas Kesehatan diharapkan juga mempunyai peran yang saling bersinergi. "Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini, bisa dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku dan sebagaimana mestinya," harap Musthofa. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.