Daftar Pemilih di Kudus Naik 20 Persen

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Berdasarkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), diperkirakan akan ada kenaikan 20 persen daftar pemilih untuk Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus 2018.

Peningkatan itu disebabkan bertambahnya pemilih pemula, yang sudah memiliki kartu tanda penduduk (KTP). ”Kita perkirakan pemilih pemula ini mencapai 40 ribu jiwa,” kata Ketua KPU Kudus Moh Khanafi, Senin (11/01/2018).

Dijelaskan lebih lanjut, jumlah DP4 saat ini sekitar 632 ribu jiwa yang artinya meningkat dibandingkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilpres 2014 yang tercatat sebanyak 604,3 ribu jiwa.


Tak hanya berasal dari masyarakat yang memasuki usia 17 tahun, bertambahnya daftar pemilih juga dikarenakan adanya perpindahan penduduk. ”Seperti orang luar daerah yang menikah dengan orang asli Kudus, kemudian berdomisili di Kudus,” katanya mencontohkan.

Contoh lain, lanjutnya, seperti anggota Polri dan TNI yang sudah pensiun, juga memiliki hak pilih. Tapi itu pun masih belum bisa diketahui jumlah pastinya, karena harus menunggu DPT.

”Setiap pemilih di masing-masing daerah bisa bertambah atau berkurang. Karena selain adanya perpindahan penduduk, daftar pemilih juga bisa berkurang karena pemilih meninggal dunia,” jelas Khanafi.

Dia menambahkan, data DP4 yang ada saat ini akan dipergunakan untuk pencocokan dan penelitian (coklit), yang rencananya dilakukan mulai 20 Januari 2018 hingga 18 Februari 2018. (MK)

No comments

Powered by Blogger.