Disdukcapil Kudus Terima Penghargaan Tingkat Nasional

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), memberikan penghargaan piagam penghargaan sebagai role model penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik (A) tingkat Nasional, kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus.

"Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri PAN RB, Asman Abnur pada Rabu (24-01-2018)," kata Kepala Disdukcapil Kudus, Hendro Martoyo saat dihubungi isknews.com Kamis, (25-01-2018).

Dikatakan Hendro, Penghargaan ini berdasar hasil evaluasi terhadap 72 Kabupaten/Kota sebagai role model, sesuai dengan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 21 tahun 2017 tentang penetapan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian/Lembaga, dan unit penyelenggaraan pelayanan publik sebagai lokasi penyelenggaraan evaluasi pelayanan publik tahun 2017.

Atas penghargaan ini, Kabupaten Kudus menempati urutan ke tujuh tingkat Nasional dan urutan pertama di Jateng, untuk kategori kota diraih Kota Semarang. Sementara untuk tingkat kabupaten, Kudus menempati urutan pertama se Jateng.


"Prestasi ini membuatnya naik dua peringkat secara Nasional. Tingkat Nasional tahun kemarin urutan ke sembilan, Nah tahun ini naik ke pringkat tujuh," jelasnya.

Hendro memberikan keterangan terkait program-programnya, dalam memberikan pelayanan selama ini. Diantaranya, si buah hati lahir pulang membawa akte kelahiran (Si Bolang Mahir), wafat sehari langsung mendapat akte kematian (Wassalam). Juga, pelayanan mobil keliling online.

Semua administrasi kependudukan, akte kematian, akte kelahiran, perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat dilayani, secara bergiliran keliling ke desa-desa melalui pelayanan mobiling jemput bola.

Pelayanan yang berbasis online melalui aplikasi android Dukcapil Kudus, juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Mengingat, pengajuan adminduk tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil, lantaran bisa mendaftar online melalui aplikasi yang bisa unduh di google Playstore.

"Delivery order juga bisa, dimana pelayanan jemput bola untuk produk yang akan diantar hingga ke rumah," paparnya.

Ditambahkan Hendro, inovasi lainnya yakni saat mengantre pelayanan di Disdukcapil khusus pada hari Jumat, masyarakat dipersilahkan untuk mendapatkan sarapan gratis. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.