Dishub Terapkan Tiketing Angkutan Wisata Peziarah PKL Menara Sepi Pembeli

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Pembeli di kios pedagang kaki lima (PKL) di Taman Menara, Jalan Sunan Kudus, kini mengalami sepi pembeli. Kondisi itu mulai terasa sejak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus menerapkan sistem tiketing bagi peziarah Makam Sunan Kudus.

Para peziarah yang menyambangi Makam Sunan Kudus dan akan kembali ke Terminal Bakalan Krapyak (TBK), tidak lagi harus melewati jalan di tengah deretan kios PKL. Karena mobil Angkutan Pedesaan (Angkudes) yang akan membawa mereka parkirnya di Jalan Sunan Kudus, sebelah Timur Taman Menara Kudus.

Kondisi yang terjadi pada PKL Mehnara itu, mengundang keprihatinan Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus, selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Hal itu seperti disampaikan Kepala Bidang (Kabid) PKL Disdagsar, Sofyan Duri, saat dihubungi isknews.com, Selasa (23-01-2018).


"Kami yang membuatkan kios dan menempatkan para PKL di kios tersebut. Jadi kami prihatin jika terjadi kondisi seperti itu," katanya.

Saat ini, pihaknya sedang mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut. Antara lain pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub, terkait tempat penurunan peziarah dan parkir angkutan wisata di sekitar Masjid Menara Kudus.

"Tujuan dari koordinasi untuk mencari solusi, mengatasi situasi yang terjadi pada PKL Menara," tuturnya.

Kabid PKL Disdagsar Kabupaten Kudus itu menambahkan, jumlah PKL yang membuka usaha di kios Taman Menara itu, sebanyak 67 orang. "Sebagian dari mereka berjualan pakaian anak-anak, busana muslim, sebagian menjajakan kuliner atau oleh-oleh khas Kudus." (DM/AM)

No comments

Powered by Blogger.