Ini dia! Obyek Wisata di Kudus Yang Layak Dikunjungi

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah, selain dikenal sebagai kabupaten penghasil rokok kretek, juga dikenal mempunyai banyak obyek wisata, baik wisata alam mau pun wisata religi.


Dari sejumlah obyek wisata yang, sebagian besar yang menarik banyak kunjungan wisatawan, adalah yang letaknya di Kudus bagian utara, sekitar Gunung Muria, di Kecamatan Dawe dan Pegunungan Rahtawu, di Kecamatan Gebog.

Berikut ini, beberapa obyek wisata yang layak dan menarik untuk dikunjungi

Desa Wisata Colo 
Desa wisata Colo Kudus merupakan sebagai salah satu rintisan desa wisata yang mulai dirintis yaitu pada tahun 2012, yaitu bersamaan dengan 10 desa wisata yang lainnya yang ada di kabupaten kudus. Potensinya yaitu mulai dari religi, kemudian budaya, alam, kuliner, kesenian dan banyak lagi yang lainnya.

Di desa wisata colo ini pengunjung bukan hanya menjumpai wisata religi atau berziarah saja, akan tetapi pengunjung bisa juga menikmati pesona dari pada desa wisata colo. Dengan melakukan perjalanan melihat indahnya Gunung Muria, sambil menyusuri kebun kopi yang sudah ada semenjak dari Zaman Belanda.

Di obyek wisata Colo ini juga terdapat beberapa tempat yang bisa untuk dikunjungi. Diantaranya yaitu wisata religi seperti Makam Sunan Muria. Untuk menuju makam ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki, menyusuri sekitar 700 anak tangga. Tangga ini berakhir tepat di muka pintu Masjid dan Makam Sunan Muria.

Air Terjun Montel
Air terjun merupakan sebagai salah satu pesona alam yang secara alami terbentuk. Bisa kita lihat di negeri kita sendiri banyak sekali air terjun. salah satunya yaitu air terjun yang ada di Kudus yaitu Air Terjun Montel.


Air terjun yang keberadaannya di keliling oleh pepohonan, sehingga mendatangkan suasana yang sejuk, sehingga membuat pengunjung bisa betah untuk berlama-lama berada di air terjun ini. Banyak para wisatawan yang datang untuk menikmati pesona alam yang masih asli.

Letak obyek wisata Air Terjun Montel ini, berada di bagian sebelah utara dari Makan Sunan Muria. Air Terjun Montel ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan suhu sekitar 18-20 derajat Celsius.

Waterboom Mulia Wisata
Waterboom Mulia Wisata atau Mulia Wisata Waterpark merupakan salah satu obyek wisata keluarga yang menarik dan juga popular di Kudus, Jawa Tengah.

Di Mulia Wisata Waterpark pengunjung bisa menemukan tempat bermain dan juga berenang dan juga sebagai wahana yang disediakan untuk para pengunjung. Selain itu juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk para wisatawan yang berkunjung kesini

Waterboom Mulia Wisata ini menjadi salah satu wahana wisata yang terbesar ada di Kudus. Diantara fasilitas yang tersedia, kolam renang berstandart nasional dengan panjangnya yang mencapai 50 meter. Juga terdapat pula Waterboom yang memiliki kolam arus.

Sedangkan bagi para wisatawan yang hobi memancing, bisa menggunakan tempat ini, untuk kegiatan memancing, karena di Waterboom Mulia Wisata juga tersedia kolam pemancingan khusus untuk memancing ikan.

Untuk para wisatawan yang ingin melakukan liburan bersama dengan keluarga tercinta, mungkin obyek wisata ini dapat jadikan sebagai tujuan untuk mengisi hari libur.

Air Terjun Gonggomino 
Air Terjun Gonggomino merupakan salah satu wisata alam menarik di Kudus yang wajib kamu kunjungi. Wisata Air terjun ini cocok sekali digunakan untuk mengisi liburan akhir pekan ataupun mengisi liburan panjang.

Air Terjun Gonggomino adalah sebagai salah satu obyek wisata yang jadi andalan dari masyarakat Kota Kudus ataupun dari wisatawan yang lainnya.

Air terjun Gonggomino tersebut merupakan sebagai salah satu obyek wisata alam yang memang cukup terkenal ada di kudus. Tempat ini sangat ramai di kunjungi, terlebih untuk musim liburan. Tidak jauh dari dari air terjun Gonggomino ini di dekatnya juga terdapat air terjun Montel. Yang pada saat ini juga menjadi salah satu favorit tujuan untuk wisatawan dalam menikmati keindahan alam.

Air Tiga Rasa Rejenu
Air Tiga Rasa Rejenu di Kudus yang konon memiliki tiga khasiat menyembuhkan penyakit dan sebagainya.
Wisata alam yang akan dibicarakan terdapat di daerah Kudus Jawa Tengah Ini merupakan salah satu daerah pusat wisata alamnya yang menjadi salah satu ikon Indonesia.

Tempat yang memiliki keunikan tertentu, sehingga mengundang banyak wisatawan untuk mengunjunginya karena keunikannya tersebut. Tempat tersebut sering disebut masyarakat dengan nama Air Tiga Rasa Rejenu. Hal ini dikarenakan karena memang air ini tidak seperti air pada umumnya, yang memiliki rasa tawar.

Karena berbeda itulah kawasan ini banyak di datangi oleh orang yang penasaran untuk melihatnya maupun mencicipi rasanya. Sehingga lama-kelamaan tempat ini menjadi ramai pengunjung dan menjadi objek wisata.

Sesuai seperti namanya mata air tersebut terdiri dari tiga sumber mata air dengan mata air yang pertama berasa tawar-tawar masam, yang di yakini dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kemudian mata air yang terakhir atau yang ketiga mempunyai rasa seperti tuak atau minuman keras dan di percaya dapat memperlancar rezeki apabila bekerja keras. Apabila ketiga air tersebut diambil dan di campur di jadikan satu, maka sebuah keunikan terjadi lagi yaitu air tersebut menjadi terasa air tawar.

Desa Wisata Rahtawu
Desa Wisata Rahtawu berada di daerah paling atas dari Kecamatan Gebog, Kudus Jawa Tengah. Disini terdiri dari sebuah lembah hijau yang dikelilingi dengan bukit-bukit terjal. Untuk menuju ke desa tersebut maka Anda memerlukan waktu yang tidak begitu lama yakni sekitar 30 menit dari pusat kota Kudus.

Akses jalan untuk menuju lokasi Desa Wisata ini juga telah memiliki aspal yang cukup mulus. Pengunjung yang ingin berwisata alam di Desa Wisata Rahtawu ini, akan dengan mudah menemukan dan menjumpai sejumlah obyek wisata alam. Diantaranya, pemandian alam, puncak songolikur, air terjun dan juga tempat-tempat pertapaan para leluhur.

Ketika memasuki Desa Wisata Rahtawu Kudus ini pada bagian depan akan disambut dengan Gapura ucapan selamat datang. Kemudian berikut juga disambut dengan pemandangan alam yang cukup indah. Di sebelah kiri jalan terdapat tebing-tebing yang tinggi dan pada kanan jalan terdapat jurang yang cukup curam dan juga jajaran pegunungan. (DM)

No comments

Powered by Blogger.