Jelang Imlek, Warga Keturunan Gelar Bazar

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Menyambut perayaan Imlek tahun ini, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Kudus, menggelar bazar untuk kali pertama. Acara yang berlangsung mulai Kamis (25-01-2018) hingga Minggu (28-01-2018) jam 10.00 - 21.00 WIB itu, dihelat halaman Ruko Agus Salim atau timur Hypermart Kudus.

Puluhan lampion menggantung di dinding setiap ruko Agus Salim, seakan menyapa setiap pengunjung yang datang. Warna merah sendiri mendominasi sebagai simbol semangat baru menjelang Tahun Baru Imlek.

Sementara belasan stan berjajar rapi menjual berbagai macam pernak-pernik perayaan Imlek, khas warga etnis Tionghoa yang tersebar berbagai titik di Kota Kretek ini. Seperti aksesori gantungan kunci, pin, makanan dan minuman juga pakaian khas Imlek.

Salah satu pengunjung, Hana mengatakan bazar kali ini jika diselenggarakan berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan suasananya nanti akan ramai seperti yang telah ada di kawasan Pecinan Semarang.


Senada, Ketua PSMTI Kudus, Goei Tjwan Gie berharap, event semacam ini bisa dilaksanakan tidak hanya pada waktu menjelang perayaan Imlek saja, akan tetapi bisa berkelanjutan nantinya.

"Oleh sebab itu, saya mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif yang menggagas ide kegiatan ini," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PSMTI Kudus, Linda menuturkan, dalam acara tersebut bakal ditampilkan berbagai macam suguhan budaya khas Tiongkok, semisal pertunjukkan Barongsai dan Liang Leong pada Jumat (26-01-2018) malam ini.

“Sedangkan, Sabtu malam di Klenteng Hok Hien Bio yang berlokasi di timur Hypermart Kudus, berlangsung persiapan untuk ritual Bee Gwee," katanya.

Dijelaskan Linda, Setiap tahun baru Imlek para umat selalu meramaikan kelenteng tersebut. Rupang Tu Di Gong dibawa di atas tandu untuk diarak mengelilingi jalan di sekitar kelenteng.

"Ritual Bee Gwee ini dimulai semenjak tahun 2006 hingga sekarang, dan diikuti berbagai Klenteng dari berbagai daerah di Indonesia," tandasnya.

Diketahui, Perayaan Imlek akan berlangsung pada 16 Februari 2018, sedangkan Cap Go Meh pada 1 Maret 2018. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.