Kudus Tambah Dua Traffic Light Baru

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, menambah dua Traffic Light (TL) baru. Kedua TL yang kini sudah dioperasikan itu, dipasang di Jalan Raya Kudus – Pati tepatnya di Pertigaan Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo dan Perempatan Jalan Lingkar Utara wilayah Desa Klumpit, Kecamatan Gebog, Kabupeten Kudus. Jumlah anggaran yang terserap sebesar Rp 1,2 miliar, termasuk peremajaan TL di Perempatan Krawang, Kecamatan Jekulo. 

Kepala Bidang (Kabid) Keselamatan dan Sarana Dishub Kabupaten Kudus, Sunyoto, saat dihubung isknews.com, Senin (29-01-2016) membenarkan hal itu. Menurut dia, penambahan TL tersebut, atas masukan dan permintaan masyarakat, baik pengguna jalan maupun warga desa setempat.

“Contohnya di Pertigaan Sumber, arus lalu lintas sehari-hari sangat padat, oleh bermacam kendaraan bermotor roda dua dan empat, termasuk kendaraan besar seperti bus dan truk. Padahal di sekitar pertigaan itu terdapat dua Sekolah Dasar (SD) dan satu SMK, sehingga ramai dengan banyaknya siswa yang menyeberang,” ungkapnya.


Keadaan yang sama, lanjutnya, juga terjadi di perempatan Jalan Lingkar Utara di Desa Klumpit. Arus lalu lintas Jalan Lingkar Utara dari arah Jalan Raya Kudus – Jepara, melalui perempatan Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, dipenuhi kendaraan-kendaraan besar jenis truk, selain mobil kecil jenis sedan dan lain sebagainya. Sementara jalan yang mengarah Utara dan Selatan di perempatan itu, didominasi kendaraan roda dua, karena merupakan jalan desa dan pemukiman yang padat.

“Arus lalu lintas yang padat dan banyaknya penyeberang jalan, menjadikan dua lokasi itu rawan dengan kecelakaan lalu lintas. Karena itulah warga setempat mengusulkan agar dipasang traffic light,” paparnya.

Usulan di atas sudah diajukan sejak dua tahun lalu, namun baru bisa direalisasi pada TA 2018 ini. Pengajuan pemasangan dua TL baru itu, dijadikan satu paket dengan peremajaan TL di Perempatan Krawang, Kecamatan Jekulo dengan anggaran total Rp 1,2 miliar.

“Peremajaan traffic light di Perempatan Krawang itu, meliputi penggantian lampu dari bohlam diganti lampu LED, pembenahan kabel yang usianya sudah puluhan tahun. Dengan pembenahan itu, sekarang jaringan kabel kelihatan rapi,” jelas Sunyoto. (DM/AM)

No comments

Powered by Blogger.