Lampu Lalu Lintas di Poroliman Burikan Akan diremajakan

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Lampu lalu lintas atau traffic light yang ada di poroliman Desa Burikan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, akan diremajakan. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar lebih, untuk pembenahan dan penataan traffic light yang usia pemasangannya sudah 30 tahun lebih itu.

Kepala Bidang (Kabid) Keselamatan dan Sarana Dishub Kabupaten Kudus, Sunyoto, saat dihubungi isknews.com, Senin (30-0`1-2018), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu.

Menurut dia, lampu lalu lintas di poroliman Desa Burikan itu, sudah saatnya diremajakan, karena sudah sekitar 35 tahun belum pernah diperbaiki. “Kalau ada perbaikan, hanya berupa penggantian lampu yang mati.”


Karena kegiatannya peremajaan, lanjutnya, pekerjaan yang dilakukan tidak akan membongkar atau mengganti tiang-tiang lampu, melainkan pembenahan jaringan kabel atas yang akan dialihkan ke bawah tanah, penggantian lampu, serta pengecatan tiang lampu.

Dengan jaringan kabel bawah tanah, traffic light akan lebih rapi. Untuk lampu yang semula memakai bohlam sehingga sering putus dan padam, akan diganti dengan lampu LED.

“Lampu LED ini, selain nyalanya lebih terang dan tahan lama.”
Sunyoto menjelaskan, peremajaan lampu lintas di poroliman Burikan itu, akan dilaksanakan pada TA 2018 ini. Besarnya beaya yang sumbernya dari APBD Kabupaten Kudus TA 2018, sekitar Rp 1,2 miliar.

“Anggaran sebesar itu, termasuk beaya perawatan traffic light yang satu tahun rata-rata sekitar Rp 200 juta.”(DM)

No comments

Powered by Blogger.