Pasangan Harjuna Lolos Verifikasi Administrasi Syarat Minimal Dukungan

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kudus Hartoyo-Junaidi (Harjuna) dinyatakan lolos perbaikan syarat minimal dukungan calon independen setelah melalui tahapan verifikasi administrasi.

Harjuna sebelumnya tidak dapat memenuhi syarat minimal 45.323 dukungan. Dari syarat minimal 51.119 dukungan, setelah diverifikasi faktual tidak mampu memenuhi syarat minimal. Hal itu membuat Harjuna harus melakukan perbaikan dua kali lipat dari kekurangan yakni 8.656 dukungan.

Ketua KPU Kudus, Moh Khanafi menjelaskan, dari kekurangan 8.656 dukungan bakal paslon Harjuna melakukan perbaikan dengan menyerahkan 12.358 dukungan pada masa perbaikan 18 Januari 2018 yang lalu.

”Hasilnya setelah kami lakukan verifikasi administrasi dinyatakan 12.302 dukungan Memenuhi Syarat (MS) dan 56 dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Artinya Harjuna lolos verifikasi administrasi,” kata Khanafi usai acara penyampaian hasil penelitian perbaikan dokumen pencalonan dan syarat Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kudus di kantornya, Jumat (26-01-2018).


Akan tetapi, hal itu belum dapat menjamin akan ditetapkan menjadi cabup dan cawabup oleh KPU Kudus. Sebab masih ada kegiatan lanjutan yakni verifikasi faktual mulai 30 Januari hingga 5 Februari 2018.

”Apabila nanti memang memenuhi syarat secara keseluruhan, baru bisa ditetapkan menjadi pasangan cabup dan cawabup Kudus,” ujarnya.

Sementara itu, terkait perbaikan administrasi keseluruhan bakal paslon, Khanafi menyatakan semua lengkap dan secara umum memenuhi syarat. Akan tetapi hal itu juga tergantung selama masa sebelum penetapan sejak 27 Januari hingga 11 Februari 2018, tidak ditemukan ”tsunami dokumen”.

Tsunami dokumen yang dimaksud adalah temuan dari KPU Kudus yang sangat fatal, sehingga dapat mempengaruhi penetapan pada 12 Febrarui 2018.

”Proses belum selesai, kami masih akan bekerja keras hingga hari penetapan nanti,” tutur Khanafi. (MK/AM)

No comments

Powered by Blogger.