Pelatihan BLK Kudus Tahap Pertama Diumumkan

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus, kembali menyelenggarakan pelatihan kerja di tahun 2018 ini.

Kepala UPTD BLK, Anggun mengatakan, sebanyak 64 pendaftar di BLK telah diterima ditahap pertama, mereka akan mengikuti empat pelatihan kerja diantaranya tata boga, tata kecantikan rambut lanjutan, tata rias pengantin lanjutan dan menjahit busana lanjutan.

Daftar ulang dilakukan pada 29 – 30 Januari 2018, dan pembukaan dilakukan pada 5 Februari 2018. "Bagi yang lolos seleksi bisa daftar ulang, sesuai jadwal yang tertera dengan membawa persyaratan Foto 3 x 4 (4 lembar) background merah, Fotocopy KTP (2 lembar), Fotocopy KK (2 lembar), Fotocopy Ijazah (1 lembar) dan Semua berkas dimasukkan dalam map warna bebas," jelasnya.

Dikatakan, meski tidak mendapat alat atau bantuan gratis seperti pada tahun-tahun lalu yang masih dibiayai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), namun hal itu tidak menyurutkan antusias dari para pencari pelatihan kerja yang pada tahun ini, mengikuti pelatihan sesuai minat dari masing-masing keahlian.


Sementara itu, Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus, Bambang TW mengatakan, mereka diharapkan mendapatkan bekal tambahan, untuk mencari pekerjaan yang layak atau merintis usaha mandiri.

“Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi pengangguran. Salah satunya dengan meningkatkan keterampilan potensi tenaga kerja, sesuai kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja,” katanya.

Setiap paket akan dilengkapi dengan materi teori kompetensi dan praktek. Seluruh peserta juga mendapatkan materi tambahan mengenai pembinaan karakter, serta motivasi agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi persaingan di dunia kerja maupun usaha.

“Peserta yang dinyatakan lulus sesuai standar yang ditentukan akan diberi sertifikat pelatihan,” ujar Bambang. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.