Puluhan Perguruan Ternama Turut Andil di Expo Perguruan Tinggi 2018

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Sebanyak 65 universitas menawarkan banyak program favorit pada pameran perguruan tinggi di Gedung JHK, Jalan R Agil Kusumadya, Kudus. Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni 23 – 24 Januari 2018 ini, tidak hanya diikuti universitas dan perguruan tinggi di Jawa Tengah saja.

Melainkan juga, dari sejumlah instansi pendidikan ternama dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta. Hari pertama, Selasa (23-01-2018) dimulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan pada hari kedua esok, dimulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Acara gebyar gemilang Expo Perguruan Tinggi Tahun 2018, siap menyongsong generasi emas yang hebat dengan mengusung tema, ‘Tingkatkan Kualitas Profesionalisme Layanan Bimbingan Konseling dalam Pemantapan Studi Lanjut Melalui Kegiatan Expo Perguruan Tinggi 2018’.

Menurut Panitia, Saiful Bakri menuturkan, kegiatan pameran pendidikan ini sebagai pelayanan untuk melayani peserta didik dalam memahami dirinya sendiri, baik secara individual maupun secara kelompok. Supaya mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam perkembangan kehidupan pribadi dan sosialnya.

"Hal ini termasuk tugas para guru BK tingkat SMA, MA dan SMK untuk memandu arah studi lanjut pendidikan tinggi, bagi peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi," terangnya.


Sejak dibuka Sekda Kudus, Noor Yasin pada Selasa pagi, tak kurang dari seribu calon mahasiswa dari Kabupaten Kudus dan sekitarnya berbondong-bondong memilih kampus mana yang bakal mereka tuju nantinya.

Sekda Kudus dalam sambutannya, mengapresiasi dan merasa bangga atas digelarnya pameran pendidikan yang diadakan asosiasi bimbingan konseling yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Kudus.

”Saya harap generasi muda menyambut dan mengambil kesempatan dengan adanya pameran pendidikan semacam ini,” ungkap Noor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Bambang Gatot Hastowo mengatakan, pameran atau expo perguruan tinggi ini sejak dari tahun ke tahun tren pesertanya semakin meningkat. Termasuk jumlah universitas yang turut andil dalam kegiatan tersebut.

”Pada awal pelaksanaan dahulu hanya ada 20-an perguruan tinggi. Tapi pada tahun ini bertambah menjadi 65 perguruan tinggi,” terangnya.

Pihaknya berharap dari kegiatan pameran semacam ini, dapat membantu pelajar sekolah SMA sederajat yang ada di wilayah Kudus dan sekitarnya untuk mendapatkan informasi dan sosialisasi dari universitas terkemuka.

“Ini sangat membantu sekolah. Sebab kalau datang di masing-masing universitas tentu menyita waktu,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Indonesia, Mungin Edy Wibowo menyebut, tugas dan peran guru bimbingan dan konseling dituntut profesionalisme kerja dan integritas yang tinggi dalam rangka menyiapkan calon pemimpin generasi emas yang hebat dan berkarakter.

Hal ini selaras dengan program Nawacita yang digagas oleh Presiden RI, Joko Widodo menuju Indonesia pintar, menuju Indonesia kerja dan menuju Indonesia sejahtera. Generasi zaman now harus melek teknologi. Sebab perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga jika tidak mengikutinya akan ketinggalan jauh.

”Makanya saya berharap generasi muda dapat menjadi pionir, untuk menjadi pendatang baru. Dengan meneruskan perguruan tinggi atau berwiraswasta,” pungkasnya. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.