Ratusan Polisi Dilatih Cara Berkendara Yang Benar

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Sebanyak 105 anggota Polres Kudus mengikuti pelatihan safety riding, yang dilaksanakan Propam Polres Kudus, di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Selasa (16/01/2018).

Pelatihan dipimpin langsung Wakapolres Kudus Kompol M Ridwan dengan instruktur dari Satlantas Polres Kudus. Menurut Ridwan, safety riding sangat berguna sebagai bekal berkendara di jalan raya.

Selama ini, kata Ridwan, banyak orang yang bisa mengendarai sepeda motor, tapi sayangnya tidak semua orang mengetahui cara berkendara dengan benar dan aman di jalan.

"Makanya kita adakan pelatihan safety riding untuk anggota Polres Kudus dari berbagai fungsi dan Polsek jajaran. Dengan harapan nantinya juga bisa diikuti masyarakat juga agar mengerti cara berkendara yang baik dan aman di jalan," tuturnya.



Dijelaskan Ridwan, pelatihan safety riding tersebut merupakan program Propam Polres Kudus dalam menindaklanjuti Surat telegram Kapolda Jateng tentang pelaksanaan kegiatan safety riding kepada seluruh anggota Polri/ASN di jajaran Polda Jateng.

Dalam arahannya Ridwan meminta seluruh anggota yang mengikuti latihan agar mendengarkan arahan dan petunjuk instruktur. Termasuk sebelum tentang tata cara pengecekan kendaraan sebelum dikendarai, gunanya agar tidak terjadi masalah di jalan.

Beberapa materi yang diberikan instruktur di antaranya jalan zig zag, memutar angka delapan seperti pada saat ujian SIM, pengereman mendadak, serta posisi mengendarai yang benar.

"Setidaknya dengan melakukan latihan safety riding dapat memberikan pengetahuan cara berkendara yang baik. Sehingga semakin banyak yang memahami cara berkendara yang baik semakin dapat mengurangi fatalitas kecelakaan," ujarnya. (MK/YM)

No comments

Powered by Blogger.