Sarana Fisik Belum Jadi Kegiatan PBG Akan Mulai Dilaksanakan

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Meskipun sarana dan prasarana belum jadi, kegiatan Pusat Belajar Guru (PNG) di Kabupaten Kudus akan dimulai, dalam Tahun Anggaran (TA) 2018. Pasalnya program PBG yang merupakan satu-satunya di Provinsi Jawa Tengah itu, sudah dicanangkan satu tahun lalu, tepatnya Juni 2017. 

“Sementara menunggu bangunan PBG selesai, pelatihan dan pembelajaran guru itu akan diselenggarakan dengan meminjam ruang kelas sekolah dasar (SD). Tentu saja ruangan yang dipinjam, memenuhi syarat untuk digunakan kegiatan PBG,” kata Sekretaris Dinas (Sekdin) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Kasmudi.

Dihubungi isknews.com, Selasa (30-01-2018), di ruang kerjanya, dia menerangkan, kalau harus menunggu dibangunnya sarana fisik PBG hingga selesai, program PBG tidak akan bisa dijalankan. Proses pembangunan gedung PBG yang menempati lahan bekas SD 3 dan SD 4 Mlati Norowito, Desa Mlati Norowito, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu, diperkirakan akan berlangsung cukup lama, sekitar 3 – 6 bulan.


“Pembesihan matrial bekas bongkaran gedung SD saja, hingga kini belum selesai.” Selain itu untuk kebutuhan sumber daya manusia (SDM), lanjutnya, sudah siap menjalankan tugasnya, baik guru inti mau pun pengelola PBG. Untuk guru inti, pelatihanya bahkan sudah mulai pada saat pencanangan PBG yang pertama kali, oleh Disdikpora Kabupaten Kudus, Juni 2017, di SMPN 3 Kudus. 

“Dalam pencanangan itu, dilaksanakan bersamaan pembukaan lokakarya guru inti.”

Dalam lokakarya guru inti bertema “guru berkualitas mencetak generasi penerus bangsa unggulan” itu, Dispora Kudus menggandeng Djarum Foundation Kudus dan Putra Sampoena Foundation – School Outreach (PSF-DO) Surabaya, selaku pelaksana program. “Program PBG ini ditujukan untuk mendukung pengembangan kualitas guru, melalui pembangunan sistem pembelajaran guru secara berkesinambungan, serta penyediaan akses fasilitas penunjang pendidikan,” pungkas Kasmudi. (DM)

No comments

Powered by Blogger.