Sejumlah Sekolah Matangkan Simulasi Persiapan UNBK

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kudus terus gencar menggelar uji coba Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), bahkan ada juga yang menggelar secara mandiri.

Seperti halnya di SMP 1 kudus yang telah menggelar uji coba mandiri beberapa waktu lalu, yaitu dimulai 22 hingga 25 Januari 2018.

Humas SMP 1 Kudus, Hasan mengatakan, setiap hari ada satu mata pelajaran yang diujikan dan pesertanya dibagi menjadi dua sesi. Adapun mata pelajarannya secara berurutan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan terakhir IPA.

"UNBK tahun ini rencananya diadakan 23 sampai 26 April 2018, sementara USBN akan dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 7 April 2018," jelasnya, Sabtu (26-01-2018).


Di SMP 1 Kudus, peserta UNBK tahun ini mencapai 269 siswa. Empat laboratorium komputer telah disediakan,yang masing-masing ruangnya diawasi oleh satu pengawas dan satu proktor.

Ditambahkan Hasan, uji coba Ujian Nasional secara mandiri memang menjadi agenda rutin sekolah setiap tahun. Tahun ini, merupakan tahun ketiga sekolahnya mengikuti UNBK, "Jadi kesiapan Sarana dan Prasarana (Sarpras) dan siswanya sudah siap," tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Joko Susilo mengatakan, seluruh SMP di Kabupaten Kudus akan mengikuti UNBK tanpa terkecuali. Jauh-jauh hari telah dipersiapkan matang dan simulasi UNBK serentak juga telah dilaksanakan.

Terkait persiapan, pihak sekolah juga telah membekali peserta didiknya dengan penguatan materi melalui les tambahan di luar jam sekolah.

Dengan waktu persiapan jelang UNBK tahun ini yang lebih panjang, Joko Berharap, hasil dari UNBK 2018 nantinya jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.