Stok Darah di PMI Kudus Aman

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus terus berupaya memberikan pelayanan terbaik. Terutama bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya. Salah satunya dengan menjaga persediaan kantong darah di Unit Transfusi Darah (UTD) tetap terpenuhi.

Stok labu atau kantong darah di Kabupaten Kudus dipastikan aman. Hal itu bisa dilihat dari jumlah labu darah sehat yang ada di UTD PMI Kabupaten Kudus beberapa hari terakhir. Bahkan, untuk update per hari ini sudah tersedia sebanyak 436 kantong darah.

''Saat ini persediaan stok darah di Kudus masih tergolong aman,'' kata Humas UTD PMI Kabupaten Kudus, Praptiningsih kepada isknews.com, Rabu (24-01-2018).

Rinciannya, lanjut Prapti, diantaranya golongan darah A ada 93 kantong, golongan darah B 191 kantong, golongan darah AB sebanyak 42 kantong dan golongan darah O berjumlah 110 kantong.


“Sementara ini stok kantong darah bisa dibilang aman, karena masih di atas 400 kantong,” Jelasnya.

Dia menilai, upaya jemput bola dengan menghadirkan mobile unit atau donor darah keliling yang berotasi ke sejumlah lokasi adalah kunci dari pencapaian UTD.

"Saya menyambut baik publik yang memandang donor darah sebagai gaya hidup modern yang kini turut menunjang stok darah di Kabupaten Kudus. Diantaranya Mahasiswa, PNS dari beberapa instansi, guru-guru SMP, telah menjadi pendonor setia,'' ujarnya.

Untuk menjaring pendonor, imbuh Prapti, selain di pusat keramaian Mall atau waktu CFD, pihaknya juga melangsungkan di tempat ibadah, seperti Gereja Kristen Imanuel GKI, Isa Almasih Jalan Kenari, GITJ Jalan Diponegoro.

"Meski stok darah di UTD PMI Kudus tidak sebanyak di kabupaten/kota lain di Jateng, ditambah lagi permintaan kantong darah yang tinggi ke beberapa rumah sakit, hal tersebut tidak lantas membuat persediaan kantong darah menipis," pungkasnya. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.