Tahun ini, Semua Peserta Kejar Paket Diikutkan UNBK

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang rencananya akan dilaksanakan bulan April dan Mei mendatang, akan diikuti 190 peserta kejar paket B dan 768 peserta kejar paket C, dari berbagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kabupaten Kudus.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, melalui Kabid Paud dan Dikmas, Moch Soleh, Selasa (30-01-2018).

Menyinggung diadakannya UNBK bagi para peserta Program Kejar Paket C, sambung Soleh, mengacu pada instruksi pemerintah pusat yang menyatakan UN agar dilaksanakan berbasis komputer.

"Sebenarnya, penyelenggara ujian bagi peserta Kejar Paket adalah PKBM. Namun PKBM tidak punya Sarana dan Prasarana (Sarpras) untuk UNBK, sehingga ada beberapa sekolah yang akan ditunjuk," tuturnya.


Ada enam sekolah yang diusulkan ke Puspendik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan UNBK tahun ini. Diantaranya adalah, SMA 2 Bae (paket B dan paket C), SMA 2 Kudus (paket C), SMK Duta Karya (paket C), SMK Assa’iddiyah (paket B dan paket C), SMA 1 Bae (paket C) dan SMA 1 Gebog (paket C).

"Pelaksanaan UNBK kejar paket B, akan berlangsung pada tanggal 4 – 7 Mei 2018. Sedangkan untuk kejar paket C, akan berlangsung pada tanggal 27 – 30 April 2018," jelas Soleh.

Mata Pelajaran (Mapel) yang diujikan untuk paket B adalah Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPS, Bahasa Inggris dan IPA. Kemudian untuk kejar paket C, materi pelajaran UNBK adalah Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, Geografi, Sosiologi, Bahasa Inggris dan Ekonomi.

Panitia Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK), bakal mengeluarkan jadwal terkait pelaksanaanya. Nantinya jika ada perubahan, Soleh juga akan diberitahu sebelumnya. "Intinya, kejar paket B dan paket C di Kudus dalam ujian nasional tahun ini, menggunakan sistem UNBK," tegasnya. (AJ/AM)

1 comment:

Powered by Blogger.