Tak Terawat Desa Jepang Siap Kelola Tugu Rintisan Desa Wisata

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Tugu Rintisan Desa Wisata Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, kini kondisinya tidak terawat. Area di sekeliling tugu yang letaknya di tepi jalan lingkar timur itu, dipenuhi dengan semak belukar yang tumbuh liar, sehingga menutupi tulisan tugu wisata.

Tugu Wisata itu dibangun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, pada TA 2016 lalu, karena hingga kini ke desa setempat, pengelolaan dan perawatannya masih menjadi kewenangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut. 

Kepala Desa Jepang, Indarto, kepada isknews.com yang menghubungi di ruang kerjanya, Selasa (23-01-2018), membenarkan hal itu. Menurut dia, meskipun secara kewenangan masih oleh Disbudpar, namun karena tugu wisata itu ada di desanya, pemerintahan Desa Jepang tidak aka n membiarkan tugu itu terabaikan.


“Kami, warga masyarakat Desa Jepang akan melakan kerja bakti, membersihkan rumput liar dan semak-semak yang merimbun, di sekitar tugu wisata itu. Rencananya kegiatan itu akan dilakukan Ahad pekan depan.”

Dia selanjutnya mengungkapkan, jika suatu saat Disbudpar menyerahkan pengelolaan tugu wisata itu kepada desanya, pemerintahan Desa Jepang akan siap menerima dan melaksanakannya. 

“Kalau memang pengelolaan dan perawatan diserahkan kepada kami, desa siap menganggarkan. Namun hal itu harus dibicarakan dalam rembug desa.” (DM)

No comments

Powered by Blogger.