47 SMP Negeri dan Swasta di Kudus Siap Tampung Ribuan Lulusan SD

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) adalah masa yang dinanti-nanti oleh warga masyarakat, termasuk di Kabupaten Kudus. Lebih-lebih bagi orang tua yang pada Tahun Pelajaran (TP) 2018 ini, akan menndaftarkan putra-putrinya ke SMP. Meskipun pelaksanaan PPDB masih lama, sudah banyak yang mulai mengincar SMP mana yang menjadi incaran, tempat anak mereka menutut ilmu di jenjang setelah Sekolah Dasar (SD) itu.

Terkait dengan hal itu, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, jauh-jauh hari akan memberikan informasi mengenai jumlah SMP negeri dan swasta di Kabupaten Kudus yang akan menyelenggarakan PPDB pada 2018.

Menurut Sekretaris Dinas (Sekdin) Disdikpora Kabupaten Kudus, saat dihubungi isknews.com, Selasa (27-02-2018) mengatakan, pada TP 2018 di Kabupaten Kudus ada sebanyak 27 SMP negeri dan 15 SMP swasta peserta pendaftaran online. 

Dari sejumlah itu, SMP negeri dengan daya tampung terbanyak, adalah SMP 1 Mejobo dan SMP 2 Gebog, sebanyak 288 siswa. 

Ilustrasi.

Selanjutnya, SMP negeri dengan daya tampung 256 siswa, sebanyak 19 sekolah yakni SMP 1, 2, 3 dan 4 Bae, SMP 1 Dawe, SMP 1 Gebog, SMP 1 dan 2 Jati, SMP 1, 2 dan 3 Jekulo, SMP 1 dan 2 Kaliwungu, SMP 3 Kudus, SMP 4 Kudus, SMP 5 Kudus, SMP 2 Mejobo, SMP 1 dan 2 Undaan, Untuk SMP swasta yang daya tampungnya sama, 256 siswa adalah SMP NU Al-Ma’ruf.

SMP Negeri dengan daya 224 siswa, sebanyak tiga sekolah, yakni SMP 2 Kudus SMP 2 Dawe. SMP swasta yang daya tampungnya 224 siswa, SMP Muhammadiyah 1 Kudus.

SMP Negeri yang mendapat predikat favorit, justru daya tampungnya lebih kecil. SMP tersebut adalah SMP 1 Kudus, dengan daya tampung sebanyak 240 siswa. 

“Tiga SMP negeri lainnya, daya tampungnya di bawah atau kurang dari 100 siswa, yakni SMP 3 Dawe, SMP 3 Satu Atap Gebog dan SMP 3 Satu Atap Undaan, daya tampungnya masing-masing 96, 60 dan 32 siswa,” sebutnya.

Sedangkan SMP swasta di Kabupaten Kudus, lanjutnya, daya tampung ranking tiga setelah SMP Al-Ma’ruf dan SMP Muhammadiyah 1, adalah SMP PGRI Jati Kudus dan SMP IT Assa’idiyyah dengan daya tampung masing-masing 128 siswa dan 144 siswa. 

Disusul SMP Bakti Praja Gebog dan SMP Keluarga Kudus dengan daya tampung masing-masing 108 dab 102 siswa.

Sembilan SMP swasta lainnya, daya tampungnya kurang dari 100 siswa. Yakni SMP Bakti Kudus, 96 siswa, SMP Masehi Kudus, 75 siswa. SMP Muhammadiyah 2, SMP PGRI Jekulo dan SMP Taman Dewasa dengan daya tampung masing-masing 72 siswa. 

“Empat SMP swasta lainya, daya tampungnya bahkan lebih sedikit, masing-masing 60 siswa, yakni SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim, SMP NU Hassyim Asy’ari, SMP Bakti Praja Kaliwungu dan SMP Bakti Praja Mejobo,” pungkas Kasmudi. (DM/AM)

No comments

Powered by Blogger.