Anak Didik SMKN 2 Kudus Gelar Pameran Seni Rupa Perdana

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - SMKN 2 Kudus belum lama ini melaksanakan pameran seni rupa untuk pertama kalinya, Sabtu (17-02-2018) pagi. Uniknya, semua karya seni yang terpajang dalam pameran itu, merupakan buah tangan siswa sekolah tersebut.

Mnurut Febrianti Rizqi Umaroh, salah seorang Jurnalis SMK N 2 Kudus, acara pameran ini merupakan salah satu tugas dari mata pelajaran seni budaya. Dimana sebelum pelaksanaan pameran ini, para siswa siswi diajarkan membuat karya seni yang layak mejeng.

Sebanyak 24 kelas yang terdiri dari seluruh siswa kelas X dan XI semua jurusan TAV, TKR, dan TKJ, nampak antusias mengikuti jalannya pameran. Tidak sendiri, mereka didampingi pembimbing guru mata pelajaran seni budaya.

Seorang siswi sedang melihat pameran seni rupa.


Sementara itu, Guru Seni Budaya di SMKN 2 Kudus, Widyatama mengatakan, dilaksanakannya pameran ini dalam rangka memenuhi kompetensi dasar, mengenai pameran seni rupa di sekolah.

Selain itu, pameran ini juga untuk melatih pola pikir para siswa-siswi untuk menjalankan suatu acara dan mengerjakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya. Juga, agar anak didiknya memperoleh dampak yang positif dalam kegiatan tersebut.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dan mengekspresikan melalui karya seninya. Selain itu, untuk meningkatkan jiwa apresiasi siswa dalam berseni yang salah satunya adalah dengan mengadakan pameran,” papar Widyatama.

Tajuk pameran seni rupa, lanjut dia, menyesuaikan dengan keinginan tema yang telah dipilih oleh kelas masing-masing. Rencananya pameran ini, bakal diadakan setiap tahun sebagai acara tahunan sekolah. “Tetapi khusus untuk tahun ini, hanya dari SMKN 2 Kudus dan belum dibuka untuk umum”

Sebab, imbuh Widyatama, “Mereka akan memahami tentang seni rupa dan mempelajari tentang pameran seni rupa. Kedepannya, semoga para siswa-siswi SMK Negeri 2 Kudus lebih kreatif dan inovatif.”

Sementara itu, salah seorang peserta, Yulia Putri, menyebut, “Pameran seni rupa ini sangat bermanfaat karena sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas para siswa. Sehingga kami sebagai siswa mendapatkan dan mempunyai sebuah pengalaman yang berharga di pameran seni rupa SMKN 2 Kudus ini.” (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.