Antisipasi Bencana, Babinsa Intens Koordinasi Kamtibmas

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Dalam menghadapi musim penghujan di bulan Februari tahun 2018 ini. Babinsa Jurang, Sertu Suyoto bersama Kepala Desa Jurang, Miftakhul Huda melaksanakan koordinasi tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan kerawanan bencana alam, Minggu (04-02-2018).

Hal itu dilakukan, guna mengantisipasi adanya musibah bencana alam seperti tanah longsor, pohon tumbang maupun bencana alam lainnya, khususnya yang terjadi di wilayah Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. 

Memang sudah menjadi kewajiban bagi seorang Babinsa untuk selalu bersinergi dan bekerjasama dengan Kepala Desa setempat, guna melakukan pembinaan dan pengawasan di wilayah pantauan tugas, yakni Babinsa diharuskan memiliki daya cegah dan daya tangkal dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di wilayah desa binaannya.


Kegiatan koordinasi yang dimulai pukul 08.30 – 11.00 WIB itu, dilaksanakan oleh Babinsa Jurang, Sertu Suyoto dan bertempat di rumah Kadus III, Rumadi, Dukuh Sungging RT 06/RW 06, Desa Jurang, terkait potensi kerawanan bencana alam di Desa Jurang dan sekitarnya.

Hasil pembahasan kordinasi tersebut, diantaranya adalah untuk membuat posko Rumah Tanggap Bencana di setiap RW di wilayah desa tersebut.

Menurut Sertu Suyoto, dengan adanya posko bersama di setiap RW, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi, pengendalian, pemantauan dan evaluasi. Agar warga dan seluruh elemen masyarakat, saling bersinergi dan bekerjasama dalam rangka penanganan tanggap bencana, khususnya yang terjadi di wilayah Desa Jurang pada umumnya.

"Dengan dibentuknya posko ini, diharapkan bagi semua pihak khususnya warga masyarakat Desa Jurang untuk selalu meningkatkan kewaspadaan adanya bencana alam, seperti tanah longsor, pohon tumbang, banjir dan sebagainya," tandasnya. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.