Bupati Tinjau Lokasi Kebakaran Kudus Plaza

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Bupati Kudus, Musthofa meninjau gedung Kudus Plaza yang terbakar, Kamis (22-02-2018). Didampingi beberapa kepala dinas, Musthofa melihat kondisi puing-puing yang ada di pusat perbelanjaan ternama di Kudus itu.

Kepada sejumlah awak media, Bupati dua periode itu mengatakan, pihaknya akan mengembalikan fungsi gedung tersebut kembali ke semula. "Jadi untuk matahari itu memang fungsi daripada swalayan ini tetep akan kami kembalikan sebagaimana layaknya."

Yang menjadi persoalan sekarang, menurutnya, adalah bagaimana nasib karyawan. Untuk itu pihaknya akan mengundang manajemen Kudus Plaza untuk duduk bersama, memikirkan dan mencari solusi atas musibah kebakaran yang terjadi.

Dia berpesan kepada manajemen Kudus Plaza suapaya mengintruksikan kepada para karyawan, jangan sampai keluar masuk gedung untuk menghindari resiko.

"Resiko kecelakaan sangat mungkin terjadi sebab kontruksi gedung sudah cacat. Nanti kalau keluar masuk terus kejatuhan benda dan cedera kan kasihan," tuturnya.

Ditanya oleh sejumlah wartawan terkait kunjungannya ke Kudus Plaza, Musthofa menegaskan untuk mencari solusi bersama. "Kami hadir di sini untuk mencari solusi, masa kami ke sini nonton?"

Bupati Kudus, Musthofa meninjau lokasi kebakaran di Kudus Plaza. (Istimewa)

Dikatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian, PLN, Aset, dan manajemen Kudus Plaza. Secara umum permasalahan sudah sedikit mendapat solusi. Sebab asuransi gedung sudah dikantogi.

Hanya saja, masih ada persoalan lain yang menjadi perhatian, yakni bagaimana Kudus Plaza tetap bisa beraktivitas dan karyawannya bisa bekerja lagi. Sehingga mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan.

Disingung wacana pemindahan lokasi Kudus Plaza untuk sementara, Muathofa menyampaikan baru berkomunikasi dengan pihak manajemen.

"Kami akan panggil manajemen. Kesepakatannya bagaiamana, jangan sampai misal kami tempatkan di Rendeng ternyata malah gak laku," bebernya.

Nanti, lanjutnya, biar pihak manajemen yang berembug dengan Sekda dan aset karena mereka adalah pelaku usahanya, jadi harus disepakatai bersama demi kebaikan bersama pula. "Termasuk wacana dipindah ke Trade Center juga belum ada keputusan."

Ditambahkan Musthofa, untuk kerugian belum bisa ditaksir. Yang menjadi fokus saat ini adalah langkah terdekat dalam mengatasi kebakaran ini. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Kudus agar diberikan izin untuk segera membersihkan puing yang ada di luar yang tidak mengganggu hasil kajian Tim Labfor.

Kedua, meminta kepada manajemen Kudus Plaza untuk tidak beraktivitas dulu sepanjang belum ada keputusan dan belum pulih kembali. Terkahir, meminta PLN memutus total saluran listrik yang menuju Kudua Plaza demi keamanan.

Sementara itu, terkait antisiapasi kejadian serupa di gedung yang lain, dia mengugkapkan sudah melakukan antisipasi dengan perencaan pembangunan gedung yang baik. Hanya saja kebakaran yang terjadi seperti di Kudus Plaza merupakan Forje Mayor, di luar kehendak manusia. (MK/AM)

No comments

Powered by Blogger.