Eksotisme Kampung Bunga Citra Lestari

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Saat melintas di depan Balai Desa Jati Kulon, tak sengaja pandangan mengarah pada sebuah gapura kecil di samping Taman Kanak-kanak (TK), yang bertuliskan Kampung Bunga Citra Lestari. Terbersit dalam pikiran, kampung apakah ini? Mengapa kampung ini memiliki nama yang indah dan gapura yang unik?

Karena rasa penasaran yang tinggi, isknews.com mencoba untuk masuk ke dalam gang tersebut. Pemandangan menyejukkan dari pepohonan dan bunga-bunga yang berbaris rapi di bahu jalan dan pelataran rumah warga, menyambut perjalanan ini.

Sesekali pandangan mengarah ke lukisan bunga-bunga cantik di dinding rumah warga, yang menjadikan kaki ini terus melangkah menyusuri setiap sudut kampung. Suasana kampung nan hijau, bersih dan menawan begitu terekam jelas di setiap sudutnya.

Eksotisme kampung ini, menghantarkan isknews.com menemui Kaswadi (55), dalam perbincangan ringan tersebut, ia mengungkapkan bahwa Kampung Bunga Citra Lestari memang dahulunya merupakan daerah langganan banjir.


“Dahulu kampung ini merupakan wilayah langganan banjir yang terkesan kotor. Namun, berkat inovasi dan kerja keras warga dalam pembuatan biopori, penanaman pepohonan dan bunga-bunga, hingga pembersihan lingkungan secara rutin, perlahan dapat menghapuskan citra negatif tersebut,” papar Kaswadi, Sabtu (03-02-2018).

Ternyata, Kampung Bunga Citra Lestari yang terletak di RT 5/RW 2 Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, pernah memenangkan lomba kampung hijau tingkat Kabupaten Kudus.

“Berawal dari komitmen warga yang ingin menghapuskan citra buruk tersebut, justru menghantarkan kampung ini menyandang predikat kampung hijau,” ujar Ketua RT 5/RW 2 itu.

Dari situ, segenap lapisan masyarakat membangun komitmen untuk terus menjaga dan menjadikan lingkungan ini hijau, bersih dan menawan. Lalu bagaiamana bisa dinamakan Kampung Bunga Citra Lestari?

Kaswadi mengaku, jika nama tersebut diambil dari nama artis Indonesia yang bernama Bunga Citra Lestari. Nama tersebut dipilih karena dinilai begitu erat dengan filosofi keindahan lingkungan yang lestari.

“Nama tersebut merupakan hasil kesepakatan warga, dengan nama Bunga Citra Lestari, kami berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk menghijaukan lingkungannya. Karena lingkungan yang indah dan menawan akan memberikan aura positif bagi masyarakatnya,” pungkas lelaki paruh baya tersebut. (NNC/AM)

No comments

Powered by Blogger.