Gusjigang Nyawiji ing Sukmo Persembahan HUT KKY ke 50

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Keluarga Kudus Yogyakarta (KKY) sukses membius ribuan penonton Ngaji Budaya yang merupakan kolaborasi seni, drama dan tari. Bertempat di Lapangan Parkir Balai Jagong, Wergu Wetan, Minggu (04-02-2018) malam, acara tersebut mengambil tajuk Gusjigang Nyawiji ing Sukmo.

Tema yang diangkat dalam peringatan HUT KKY ke 50 itu, erat kaitannya dengan filosofi masyarakat Kudus. Ihwal tersebut dijelaskan Ketua KKY, Aldi Alvianto yang merangkap pimpinan produksi event.

“Selain Kudus terkenal sebagai Kota Kretek, juga terkenal dengan budaya Gusjigang atau berakhlak bagus pintar mengaji dan berdagang. Jadi tema yang kami angkat sangat pas dengan keadaan kultur masyarakat Kudus," ujar pemuda asli Undaan Lor itu.


Dikatakan Aldi, puluhan perwakilan dari organisasi atau grup penggiat seni turut andil dalam gelaran 150 menit itu. Selain dari sanggar KKY sendiri, ada juga para pelajar, seniman, model, masyarakat dan akademisi yang ikut serta menyemarakkan gelaran.

Diantaranya, IPPNU Garung Kidul, Gus Muh, JQH Al-Mizan UIN SUKA, Teater Tiga Koma, Teater Jangkar Bumi Qudsiyyah, SMA 1 Bae, KS2K, MA NU TBS, Sanggar KKY, Darbuka Kudus Community, Batik Muria, Pencak Silat Bangau Ruyung, PSM Ning-Nong UMK, Assyauq STAIN dan sebagainya.

Ditambahkannya, gelaran tadi malam menceritakan terkait filosofi Gusjigang yang diajarkan oleh Sunan Kudus. Dibalut dengan penampilan kolaboratif drama, tari dan teater yang akrab dengan budaya masyarakat.

Ditemui di tempat yang sama, Sutradara Ngaji Budaya, Yazid Albusthomi mengaku, sangat bersyukur gelaran acara ini dapat berlangsung sukses. "Meski dengan dana yang minimalis, namun dengan kami bergandengan tangan, Alhamdulillah bisa terwujud," tegas lulusan MA Qudsiyyah Kudus itu.

Imbuh Yazid, “Gelaran ini sebagai hadiah 50 tahun KKY. Belum tahu terkait event semacam ini, tahun depan akan diadakan atau tidak. Semoga saja bisa ada lagi dengan konsep yang berbeda." (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.