Hampir Semua Kontestan Pilkada Kudus Lakukan Pelanggaran

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Hampir seluruh Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada di Kabupeten Kudus, telah melakukan pelanggaran ketentuan kampanye, termasuk pada saat dilaksanakan karnaval atau kirab kampanye.

Padahal sudah ada kesepakatan, para paslon hanya boleh menyertakan sebanyak lima belas kendaraan roda empat. Namun kenyataanyaa di lapangan, hampir semua paslon menyertakan lebih dari lima belas kendaraan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kudus, Wahibul Minan dalam rapat yang diselenggarakan di Kantor Sekretariat Panwaslu Kudus, Desa Mlati Kidul, Kudus. Agenda rapat yang menghadirkan lima paslon kontestan peserta Pilkada Kabupaten Kudus itu, penyampaian evaluasi kegiatan tahapan masa kampanye para paslon Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018.

Menurut Wahibul, dalam kampanye perdana tersebut, pelanggaran jumlah kendaraan tertinggi ada pada paslon Nomor 5 dengan jumlah kendaraan sebanyak 32 mobil atau dua kali lipat lebih. Disusul paslon Nomor 4 yang menyertakan pasukan bersepeda motor Laskar Laba-laba. 

“Seperti kita tahu bahwa dalam kesepakatan kirab, hanya boleh diikuti oleh kendaraan roda empat dengan ukuran terbesar adalah truk engkel,” tegasnya.

Petugas Satpol PP dan Panwaslu saat menertibkan APK yang dinilai melanggar.

Untuk pelanggaran peserta kampanye, Panwas juga menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh paslon Nomor 3, yakni saat kampanye melibatkan anak-anak di bawah umur.

Dalam evaluasi tersebut, juga disampaikan tentang pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Oleh KPU sudah ditetapkan, APK hanya boleh dipasang di zona pemasangan yang telah ditetapkan oleh PKPU. Selain itu, pemasangan baliho ukuran dan jumlahnya telah ditetapkan oleh Peraturan KPU (PKPU).

Terkait pelanggaran APK tersebut, Wahibul menjelaskan, pelanggaran terbesar dilakukan oleh paslon Nomor 5 dengan memasang sebanyak 28 Baliho, dari ketentuan 7 buah baliho seperti ketetapan PKPU.

“Untuk itulah sore ini, kami bersama Satpol PP menertibkan sebanyak sekitar 21 baliho besar milik paslon Nomor 5 karena melebihi dari batasan yang telah ditetapkan oleh PKPU,” ujarnya.

Sementara itu Mahmudun, salah satu anggota Tim Sukeses Pasangan Nomor 5, mengakui dirinya siap sportif untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan. 

“Bila memang baliho kami kelebihan, kami siap ditertibkan. Bahkan ini kami sudah membawa truk sendiri buat mengangkut sisa baliho-baliho kami,” ujarnya, saat ditemui di Kantor Sekretariat Panwas Kudus, di Mlati Kidul, Kudus. (DM/AM)

No comments

Powered by Blogger.