Ibu Hamil Konsumsi Durian? Why Not

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Saat memasuki awal masa kehamilan, seorang ibu akan mengalami fase-fase sulit. Rasa mual, muntah hingga tidak nafsu makan, menjadi sebuah proses yang harus dilalui oleh seorang ibu di masa kehamilan.

Tak hanya itu, sejumlah pantangan makan yang begitu melekat di masyarakat, membuat ibu hamil tidak bisa leluasa untuk mengkonsumsi makanan. Akibatnya, kebutuhan gizi dari ibu hamil tidak dapat terpenuhi secara maksimal.

Salah satu, pantangan makan untuk ibu hamil yang begitu melekat di masyarakat adalah larangan mengkonsumsi buah durian. Mitosnya, ibu hamil dilarang mengkomsumsi buah durian, lantaran dapat menyebabkan kontraksi hingga keguguran. Benarkah hal tersebut?

Untuk mengetahui hal itu, isknews.com menemui petugas Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) UPT Puskesmas Jati, Masulfah (50), Rabu (28-02-2018). Pada media ini ia mengatakan, bahwa seorang ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi buah durian dengan sejumlah catatan.

Buah durian yang dijual di Pasar Bitingan, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Rabu (28-02-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

"Sebenarnya tidak ada pantangan makan bagi seorang ibu hamil. Justru makan buah dan sayur menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan, karena kandungan gizinya yang tinggi sangat baik untuk ibu dan janin yang dikandungnya. Akan tetapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan," ungkap Ulfa, sapaan karibnya.

Imbuhnya, "Sama halnya dengan buah durian yang memiliki banyak manfaat, tetapi kembali lagi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi hal tersebut dilakukan oleh seorang ibu hamil."

Tak dipungkiri dirinya, jika sejumlah kandungan dari buah durian dapat menimbulkan panas yang dikhawatirkan, memicu terjadinya kontraksi hingga menyebabkan keguguran. Akan tetapi, jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit dan tidak rutin, baginya hal tersebut sah saja.

"Makan duriannya sedikit saja, satu sampai empat pongge (biji) sudah cukup. Lalu, jangan keseringan juga, satu sampai dua bulan sekali saja. Dan yang terpenting, setelah mengkonsumsi durian harus perbanyak minum air putih," tuturnya.

Air putih bermanfaat untuk menghilangkan bau buah durian yang tajam. Bau tersebut sering kali menjadikan ibu hamil merasa mual muntah. Di sisi lain, air putih bermanfaat untuk mengurangi efek panas dari buah durian. (NNC/AM)

No comments

Powered by Blogger.