Lima Rintisan Desa Wisata Belum Dapat Bantuan Tugu Identitas

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Hingga kini masih ada lima desa Rintisan Desa Wisata di Kabupaten Kudus yang belum mendapatkan bantun Tugu Identitas Rintisan Desa Wisata. Jumlah desa yang ditetapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, sebanyak 12 desa tersebar di sembilan kecamatan.

Pada Tahun Anggaran (TA) 2018 ini, Disbudpar mengajukan bantuan Tugu Identitas Rintisan Desa Wisata untuk dua desa yang ditetapkan sebagai Rintisan Desa Wisata, yakni Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati dan Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog.

Gapura Makam Dewi Nawangsih, objek wisata religi di Rintisan Desa Wisata Kandangmas, Kecamatan Dawe. (Darnanto Nugroho/ISKNEWS.COM)

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disbudpar Kabupaten Kudus, Sri Wahjuningsih saat dihubungi isknews.com, mengatakan, bantuan tersebut dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, melalui Disbudpar Kabupaten Kudus yang untuk pengadaannya, dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus TA 2018.

“Anggaran yang kami ajukan untuk biaya pembangunan dua tugu indentitas rintisan desa wisata tersebut, masing-masing sebesar Rp 416.475.000,” jelasnya, Kamis (23-02-2018).

Terkait dengan bantuan tugu identitas rintisan desa wisata, lanjutnya, Disbudpar Kabupaten Kudus, hanya bisa melakukan secara bertahap, pada setiap tahun anggaran. Sebelumnya, Disbudpar juga sudah memberikan bantun untuk empat rintisan desa wisata, yakni Rintisan Desa Wisata Desa Wonosoco, Kecamatan Dawe, Rintisan Desa Wisata Desa Jepang, (Mejobo), Rintisan Desa Wisata Desa Kaliwungu, (Kaliwungu) dan Rintisan Desa Wisata Desa Terban, Kecamatan Jekulo.

Sementara jumlah rintisan desa wisata di Kabupaten Kudus, imbuhnya, tercatat sebanyak dua belas desa. “Itu artinya, masih sebanyak lima desa yang belum memiliki tugu wisata desa, yakni Desa Colo dan Kandangmas, Kecamatan Dawe, Padurenan (Gebog), Kaliputu (Kota) dan Desa Kauman, Kecamatan Kota.” (DM/AM)

No comments

Powered by Blogger.