Majukan Kampung dan SDM, Karang Taruna Kudus Gelar Pelatihan Internet

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Karang Taruna Kabupaten Kudus bekerjasama dengan Kudus Kreasi Muda (KKM) menggelar pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang internet di aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus, Minggu (18-02-2018) siang.

Pelatihan tersebut sudah berjalan kali keempat, setiap pekannya diikuti puluhan peserta yang sebagian besar pemuda berusia antara 13-45 tahun. Baik dari anggota karang taruna maupun masyarakat umum.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kudus, Fiza Akbar mengatakan, pelatihan internet ini meliputi Konsultan Internet Marketing, Jasa Internet Marketing, Jasa SEO dan lainnya.

“Dengan pelatihan ini para pemuda karang taruna bisa meningkatkan kemampuannya dalam penggunaan teknologi komputer maupun internet,” terangnya saat dihubungi isknews.com, Selasa (20-02-2018).

Usai pelatihan, para peserta foto bersama dengan pemateri dan perwakilan Arpusda Kudus.

Fiza menambahkan, pelatihan internet setidaknya akan membuka wawasan generasi muda Kudus untuk berani mencoba dan memulai sebuah usaha. Selain teknik internet marketing, materi dasar kewirausahaan (entrepreneurship) juga diberikan.

"Para peserta dikenalkan cara apa saja yang bisa dipakai untuk menemukan pasar potensial, cara mendesain, pentingnya pembuatan website, hingga strategi pemasaran online, termasuk mengintegrasikannya dengan media sosial," jelas Fiza.

Dikatakannya, pelatihan internet marketing juga sebagai salah satu cara meminimalisir ketersediaan lapangan pekerjaan. Apalagi, kata Fiza, saat ini Kabupaten Kudus sedang gencar-gencarnya di lirik banyak pasang mata. Sehingga, peluang tersebut harus ditangkap dengan mengekspos potensi-potensi lokal lainnya.

“Tidak menutup mata kalau masih banyak SDM yang aktif dan pasif. Khususnya kawula muda. Nah, kami sebisanya sekuat tenaga siap berbagi di pelatihan ini, melalui konseling maupun diskusi,” ungkapnya.

Kedepannya, tandas Fiza, diharapkan kader karang taruna di setiap desa/kelurahan lebih menguasai dan "melek" terhadap kemajuan teknologi khususnya dunia internet. "Sehingga dapat lebih memajukan kampungnya, terlebih lagi dapat memberikan income (pendapatan -red) bagi warga karang taruna itu sendiri," pungkasnya. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.