Pemkab Kudus Alokasikan DAK untuk 45 SD dan 5 SMP

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pendidikan tahun 2018. Diketahui, untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) mendapatkan DAK senilai Rp 8,4 miliar dan SMP sebesar Rp 1,4 miliar.

Moh Zubaidi, Kasi Sarana dan Prasarana pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus mengatakan, walaupun masih menunggu Petunjuk dan Teknis (Juknis) DAK 2018, akan tetapi sudah ada persetujuan dari pusat, terkait daftar sasaran sekolah yang akan mendapatkan DAK tahun ini.

Dijelaskannya, DAK digunakan untuk rehab ruang kelas, pembuatan jamban serta pengadaan buku kepada 45 SDN. Sementara untuk 5 SMPN, akan digunakan untuk merehab ruang kelas, media pembelajaran serta alat peraga laboratorium.



"Dana Rp 7,5 miliar untuk renovasi ruang kelas bagi 41 SD dan 2 SMP negeri telah dianggarkan dalam APBD 2018," terang Moh Zubaidi, Jumat (02-02-2018).

Dikatakannya, DAK tahun ini untuk SD sebesar Rp 8,4 miliar dan SMP sebesar Rp 1,4 miliar. Sedangkan DAK bagi SD akan digunakan untuk rehab ruang kelas, pembuatan jamban serta pengadaan buku. Sementara untuk SMP, akan digunakan rehab ruang kelas, media pembelajaran serta alat peraga laboratorium.

Moh Zubaidi menambahkan, dalam APBD 2018 juga dianggarkan sebesar Rp 7,5 miliar yang akan digunakan untuk rehab ruang kelas bagi 41 SD dan 2 SMP negeri.

Sementara itu menurut Kepala Disdikpora Kudus, Joko Susilo, juknis diperkirakan turun pada akhir bulan ini (Februari -red). Namun, ia akan mengusahakan supaya juknis dapat turun di awal bulan.

"Dengan turun di awal bulan, sehingga pengerjaan proyek juga bisa segera selesai sesuai target dan bisa maksimal," ungkapnya (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.