Punya Riwayat Penyakit Jangan Tunda Periksa Dokter

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Seseorang yang memiliki penyakit tertentu, dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Apalagi bila mereka memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi serta diabetes melitus yang sudah akut. Hal itu dikatakan dr Hikari Widodo, Kabid Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2L) pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Sabtu (17-02-2018).

Meninggal dunia secara tiba-tiba yang sudah banyak terjadi, bila dilihat dari kacamata kesehatan, tidak terlepas dari riwayat penyakit seseorang. Sebab, diketahui banyak kasus seseorang yang meninggal mendadak di tempat kerja, saat berolahraga atau ketika sedang tidur.

Rutin periksa ke dokter harus dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Agar tidak terjadi sesuatu yang fatal. Apalagi kata dr Hikari, berobat sekarang juga tidak mahal cukup ke puskesmas, masyarakat sudah bisa mendapatkan pelayanan medis.

dr Hikari Widodo, Kabid Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2L) pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus.

Dia menghimbau, bila masyarakat menderita asam urat, kolesterol apalagi tekanan darah tinggi serta gula darah tinggi, harus segera periksa ke dokter. Jangan malah minum jamu tanpa kontrol dari medis. Karena obat apapun yang dikonsumsi harus terkontrol dan mendapatkan pengawasan dari pihak medis, sehingga tidak terjadi sesuatu yang fatal nantinya.

"Masyarakat jangan meremahkan suatu penyakit karena bila tidak segera diobati, maka akan menjadi malapetaka," tegas dr Hikari.

Pada kasus meninggal mendadak yang beberapa kali terjadi di Kudus, lanjut dia, kemungkinan besar karena faktor riwayat penyakit yang diderita korban. Apalagi jika mereka memiliki riwayat penyakit jantung.

Bila masyarakat merasa tubuhnya ada yang dirasakan tidak enak, maka segeralah untuk meminta bantuan medis. Karena masing-masing pribadilah yang bisa merasakan ada gangguan kesehatan pada tubuhnya. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.