Ratusan Siswa Berlaga di OSN

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018 tingkat Kabupaten, diikuti 495 siswa tingkat SMP/MTs dan SMA/MA di Kabupaten Kudus, baik negeri maupun swasta, Rabu (28-02-2018).

Ajang OSN kali ini digelar serentak se Indonesia dan untuk Kota Kretek dipusatkan di SMA 1 Bae Kudus. Dilaksanakan sehari dan mempergunakan 24 ruang yang ada.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Kudus, Sri Haryoko mengatakan, kegiatan OSN tersebut menguji atau mengkompetisikan sejumlah mata pelajaran, di antaranya matematika (diikuti 66 siswa), fisika (58 siswa), kimia (57 siswa), biologi (59 siswa), ekonomi (69 siswa), geografi (61 siswa), kebumian (49 siswa), TIK (45 siswa) dan astronomi (57 siswa).

Ia berharap peserta dapat menjunjung tinggi sportivitas, sehingga ditemukan peserta yang dapat mewakili Kudus ke tingkat Provinsi Jateng.

”Bahkan kalau dapat menembus tingkat nasional, hingga internasional sekalipun, menjadi harapan besar kami. Kegiatan OSN ini merupakan tahun kedua kami lakukan, sejak SMA dan SMK diambil alih kewenangannya oleh Provinsi Jateng,” katanya.

Nampak para siswa sedang serius mengerjakan soal-soal OSN. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Dikatakan Haryoko, dalam OSN kali ini juga bisa diikuti oleh siswa SMP/MTs. Dari 495 peserta yang ikut, 7 peserta di antaranya adalah siswa SMP/MTs yang kesemuanya dari swasta.

"Saya menyayangkan tidak ada satupun siswa SMP negeri yang ikut, padahal hal ini sudah dilakukan sosialisasi sebelumnya," keluh kepala SMA 2 Kudus yang juga Plt SMA 1 Kudus itu.

Ditambahkannya, memang ada ketentuan untuk siswa SMP/MTs yang dapat ikut OSN ini adalah siswa kelas 9, sementara untuk siswa SMA/MA adalah kelas 10 dan kelas 11.

Adapun soal-soal dalam OSN ini, lanjut dia, adalah langsung dari pusat kemudian dibawa ke provinsi Jawa Tengah serta didistribusikan ke BP2MK wilayah Pati untuk diambil oleh panitia dari kabupaten masing-masing.

Pihaknya menyediakan waktu tiap mapel berbeda-beda, membutuhkan antara 120 menit hingga 180 menit. Setelah selesai dikerjakan, maka lembar jawab langsung diserahkan ke BP2MK untuk dilakukan penilaian dengan menggunakan grade nilai yang sudah ditentukan.

Dia menjelaskan, pengumuman nilai yang lolos ke tingkat provinsi akan diumumkan satu bulan setelahnya. Peserta yang lolos nantinya akan mengikuti OSN tingkat provinsi.

Terkait ajang OSN ini, sejumlah siswa peserta mengaku merasa tertantang untuk bisa menjadi duta-duta sekolah terbaik.

Seperti dikatakan salah satu peserta asal SMA 1 Kudus, Rizqi. Siswa kelas XI IPA yang mengikuti lomba mata pelajaran Fisika ini mengatakan, segala persiapan dalam rangka mengikuti lomba OSN ini telah dipersiapkannya. Dukungan moril dari para guru dan kepsek SMA 1 Kudus pun telah men-support-nya.

“Semoga dalam OSN ini, saya bisa berprestasi bersama teman-teman saya yang lainnya,” harapnya. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.