Sepanjang Jalan lingkar Nglumpit Minim Penerangan

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Kurangnya lampu penerangan di jalan lingkar Nglumpit-Jetak, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, membuat akses pengendara sedikit terganggu. Apalagi jalur Lalu Lintas (Lalin) saat ini ramai dilalui pengendara, baik sepeda motor, mobil, bahkan kendaraan bermuatan berat.

Pantauan isknews.com mencoba melewati jalan ini saat malam. Sekitar pukul 20.00 WIB jalan penghubung Kecamatan Gebog dan Kaliwungu itu, hampir jarak dua kilometer gelap karena tidak adanya lampu penerangan. Kondisinya juga sepi, hanya terlihat lalu lalang beberapa sepeda motor dan truk tonase.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus, Abdul Halil mengatakan, sudah ada penerangan. Namun belum merata, sebab belum ada anggaran untuk pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Ilustrasi.

”Sementara kami sudah beri lampu akan tetapi belum seluruhnya,” ungkapnya, Kamis (22-02-2018).

Ditambahkan, saat ini pihaknya tengah melangsungkan lelang pengerjaan. Rencananya pada Meret mendatang, lelang sudah selesai. Dengan begitu penerangan di Jalan Lingkar Utara bisa merata.

Tidak hanya itu, imbuh Halil, di daerah Ngembal juga akan diberi lampu penerangan. ”Kami juga akan anggarkan lampu di perkotaan juga.”

Dia mengaku, pengadaan lampu sebetulnya sudah ada. Namun ada beberapa peralatan yang kurang. Untuk itu, pengadaannya masuk pemeliharaan.

”Saya lupa namanya, namun ada beberapa peralatan yang masih kurang,” ujarnya.

Meski begitu, Halil berharap LPJU bisa digunakan. Dengan begitu pengendara akan merasa nyaman berkendara. ”Kami juga khawatir kalau ada masalah di jalan tersebut. Mengingat jalan ini melewati sawah. Kalau ada tindak kejahatan juga kasihan pengendara. Untuk itu kami mengimbau kepada pengendara supaya tetap waspada.” (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.