Simulasi Gencar Dilakukan Jelang UNBK

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS), rencananya akan berlangsung pada tanggal 23-26 April 2018. Juga ujian susulan akan dilaksanakan 8 sampai 9 Mei 2018.

Kasubbag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Dian Vitayani Winahyu memaparkan, latihan soal-soal atau simulasi jelang pelaksanaan UNBK telah gencar dilaksanakan di beberapa sekolah.

Dikatakan Dian, untuk Mata Pelajaran (Mapel) yang akan diujikan masih sama seperti tahun sebelumnya, sebanyak empat pelajaran. Diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pelajar SMP 1 Kudus saat mengikuti Silmulasi. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

"Baik SMP dan MTs tahun ini akan melaksanakan UNBK seluruhnya," katanya, Kamis (15-02-2018).

Ia menuturkan, jumlah peserta yang akan mengikuti UNBK SMP/MTS di Kabupaten Kudus mencapai 14.203 siswa. Dari mereka tentunya sudah mempersiapkan siswanya jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UNBK pada April mendatang. Yakni dilakukannya rapat koordinasi dan juga pelaksanaan uji coba (try out) atau simulasi UNBK, baik yang sifatnya nasional maupun mandiri.

Dian melanjutkan, pada tanggal 14 dan 15 Pebruari 2018 lalu telah dilakukan simulasi UNBK secara nasional. Adapun tahun ini khusus untuk mapel matematika selain pilihan ganda dalam UNBK, juga ada pertanyaan jawaban atau esai yang harus diisi oleh peserta. “Sebelumnya kami sudah mensosialisasikan ke sekolah-sekolah.”

Pada bulan Maret mendatang, rencananya juga akan dilakukan kembali simulasi UNBK secara nasional. Dengan gencarnya dilakukan simulasi, harapannya peserta tidak merasa kaget saat pelaksanaan ujian nanti.

Sementara sejumlah sekolah SMP/MTs di Kudus yang akan melaksanakan UNBK secara mandiri dan yang bergabung, Dian mengaku baru dilakukan pendataan. (AJ/AM)

No comments

Powered by Blogger.