Bupati Bagikan Rastra Gratis Bukan Bersubsidi Kepada 35 Ribu KK Pra Sejahtera



Kudus, ISKNEWS.COM - Penyerahan Bantuan Sosial Rastra dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), hari ini diserahkan di dua lokasi, yakni di Balai Desa Peganjaran, Kecamatan Bae dan Jurang, Kecamatan Gebog, Selasa (20-03-2018).

Setidaknya, masing-masing pada dua lokasi tersebut sekitar 400 orang menerima langsung bantuan sosial berupa beras pra sejahtera yang diberikan khusus kepada warga yang kurang mampu.

Bupati Kudus, Musthofa mengatakan, Semua bansos ini merupakan kebijakan dari Presiden RI yang diberikan secara gratis dan tidak dipungut biaya, kami mengharapkan kepada seluruh kepala desa agar bisa menginventaris dengan baik, sehingga bantuan ini dapat tersalurkan kepada warga yang betul betul kurang mampu serta tepat sasaran.

Musthofa saat memberikan sambutan dihadapan warga penerima Rasta dan KKS. (istimewa)

Jika pada tahun sebelumnya ada uang tebusan untuk memperolehnya, tahun 2018 ini bantuan sosial rastra diberikan secara gratis untuk 35.166 kepala keluarga (KK). ”Sebelumnya penerima harus bayar Rp 1.600 per kg. Kini semua gratis namun secara jumlah dari 15 kg menjadi 10 kg,” jelasnya.

Bupati dua periode itu mendukung penuh kebijakan Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga stabilitas dan kesejahteraan rakyat. Yakni pemberian beras untuk rakyat sejahtera (rastra) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Menteri Sosial RI.

Selain bantuan Rastra, pemerintah juga memberikan Kartu keluarga sejahtera (KKS) kepada warga yang kurang mampu, lalu diserahkan dalam bentuk Tabungan/ATM. "Dalam hal ini kami kerjasama dengan Bank BNI, adapun nominal yang diterima masyarakat sebesar Rp500 ribu pertiga bulan," jelasnya.

Penggunaan kartu ATM, lanjutnya, maka pihak dari Bank BNI 46 Cabang Kudus telah memberikan contoh dan mempraktekkan bagaimana cara penggunaanya. "Sehingga apabila nanti dapat bantuan dari pemerintah pertiga bulan maka para warga tidak akan mengalami kebingungan dalam pencairan maupun pengambilan uang," ungkapnya

Bupati Kudus menyerahkan KKS sebanyak 22.666 penerima untuk se-Kabupaten Kudus. Dengan KKS ini, masyarakat penerima bisa melakukan pengecekan saldo rekening penerima di bank atau ATM serta agen-agen yang tersebar di setiap desa.

“Data penerima ini telah melalui verifikasi dari dinas hingga tingkat RT dan desa,” kata Musthofa saat menyerahkan Rastra. (AJ/RM)

No comments

Powered by Blogger.