Bupati Kudus Ingin Pemimpin Lebih Cerdas Emosional

Kudus, ISKNEWS.COM – Bupati Kudus, H Musthofa, mengatakan yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin bukan hanya semangatnya, akan tetapi juga kecerdasan emosionalnya.

Hal itu disampaikan, saat memberikan sambutan, dalam acara Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Kudus Tahun 2018, di Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Rabu (21-03-2018). Dalam acara tersebut hadir, antara lain, para Kepala OPD se Kabupaten Kudus, Camat Jati Andreas Wahyu Adi beserta unsur muspika setempat, serta kepala desa se Kecamatan Jati.

Menurut Bupati, sejak pihaknya menjabat Bupati Kudus, pada awal-awal periode pertama, yang diamati dan dilihat adalah kinerja kepala desa di wilayahnya. Silahkan para kepala desa kumpul-kumpul membuat komunitas, namun kalau ada seorang kepala desa yang tidak bekerja dengan baik dan rakyatnya tidak sejahtera, percuma.

Bupati Kudus H Musthofa, didamingi Camat Jati, Andreas Wahyu Adi dan Kepala Desa Jati Kulon, Sugeng Prayitno, tiba di lokasi perlombaan desa, disambut oleh warga masyarakat. (Foto : Darmanto Nugroho/ISKNEWS.COM)


“Kita bekerja bukan untuk siapa-siapa, rakyatlah yang menlai dan merasakan, juga masyarakat, seperti halnya di Desa Jati Kulon ini. Betapa eloknya kalau semua desa di Kabupaten Kudus, bisa seperti Desa Jati Kulon,”

Maka kalau dalam penilain perlombaan desa sebelumnya, lanjutnya, ada desa bertema tematik, kini ditambah satu lagi, yakni desa juara. Perbedaannya, kalau desa tematik hanya mengandalkan tema, kalau desa juara, desa yang benar-benar berkualitas.

“Harapan saya, Desa Jati Kulon bisa menginspirasi desa-desa lainnya, di seluruh Kabupaten Kudus,” tegas Bupati.

Kepala Desa Jati Kulon, Sugeng Prayitno, saat menyampaikan paparannya. (Foto : Darmanto Nugroho/ISKNEWS.COM)


Sementara itu, Kepala Desa Jati Kulon, Sugeng Prasetyo, dalam paparannya, mengatakan, letak geografis Desa Jati Kulon terletak di Kecamatan Jati, dengan ketinggian 60 -100 meter di atas permukaan laut.

Luas Desa Jati Kulon 187,28 hektare, terbagi menjadi 3 dusun, 6 RW dan 29 RT. Jumlah penduduk Desa Jati Kulon, sebanyak 8.225 jiwa, terdiri dari 2.618 kepala keluarga (KK), rinciannya, laki-laki 4.029 orang, perempuan 4.196 orang.

”Pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintahan Desa Jati Kulon, didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, antara lain gedung yang representative, kelengkapan dan peralatan kantor, serta tersedianya anggaran yang cukup.” (DM/RM)

No comments

Powered by Blogger.