Puluhan Satpam Digembleng Agar Siap Hadapi Penjahat

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebanyak 93 orang dari berbagai perusahan yang berada di Kudus, mengikuti pendidikan dasar (diksar) satuan pengamanan (satpam) Gada Pratama. Pembukaan pelatihan dipimpin Wakapolres Kudus Kompol M Ridwan, di halaman Lapangan Tenis PG Rendeng Kudus, Senin (19-03-2018).

Pelatihan yang dialaksanakan PT Garda Total Security tersebut bekerjasama dengan Polres Kudus. Dalam upacara pembukaan pendidikan dasar satuan pengamanan (Satpam) ditandai dengan penyerahan uniform dan peralatan satpam kepada seluruh peserta pendidikan dasar sebagai tanda dimulainya pelatihan tersebut.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakapolres Kudus menyampaikan, Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya diwajibkan mengikuti pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM.

Hal tersebut mutlak wajib dilaksanakan sebagai salah satu syarat wajib sebagai anggota satpam yang berlisensi. Semua itu tak hanya memenuhi salah satu syarat tuntutan profesi taetapi juga untuk mengembangkan teknik dan pengetahuan sebagai seorang petugas pengamanan.

Puluhan satpam mengikuti pelatihan Gada Pratama. (Yuliadi Muhammad/ISKNEWS.COM)

"Tindak pidana tidak mengenal waktu,ruang ataupun lokasi, akibatnya petugas satuan pengamanan yang dipersiapkan untuk mengamankan lingkungan kerjanya adalah sebagai pihak pertama yang akan meghadapi segala gangguan keamanan di tempat kerja,” ujar Ridwan.

Polri, lanjutnya, bertanggungjawab untuk memberikan bekal kemampuan dan tehnik kepolisian terbatas kepada satuan pengamanan dalam rangka melaksanakan tugas sebagai pengamanan di lingkungan kerjanya. Satuan pengamanan harus profesional serta cakap dalam menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru.

Sementara itu, usai dilakukan upacara pembukaan Kasat Binmas Polres Kudus, AKP Catur Kusuma Adi di arena pelatihan menyampaikan, pelatihan dasar ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada para Satpam baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja mengikuti sebeuah ketentuan yang sudah diatur bahwa untuk satpam harus memiliki satu tingkatan yang pertama yang dinamakan Garda Pratama.

Ditambahkan oleh Catur, materi pelatihan antara lain Interpersonal Skill, Etika Profesi, Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri; Pengenalan Bahan Peledak, Barang Berharga dan Latihan Menemba, Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya; Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol serta Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan.

“Acara ini berlangsung dalam 232 jam materi pelatihan, atau kurang lebih selama dua pecan, dengan output sebuah PIN Garda Pratama, Sertifikat dan kartu anggota yang menandakan bahwa satpam ini telah lulus pelatihan tingkat dasar, dan ini pertama kalinya para peserta dilengkapi jaminan asuransi dari BPJS kesehatan dan tenaga kerja,” terang Catur. (MK/RM)

No comments

Powered by Blogger.