Ternyata Masih Ada Ponpes di Kudus Yang Belum Berijin

Kudus, ISKNEWS.COM - Hingga saat ini, di Kota Kretek masih ada pondok pesantren yang belum memiliki legalitas atau izin ke Kementrian Agama (kemenag) Kabupaten Kudus. Dari 152 ponpes yang tersebar di Kudus, masih ada 63 ponpes yang belum terdaftar.

Hal itu dikatakan Kasi PD Pontren Kemenag Kudus, Abdul Jalil, pada Sabtu (17-03-2018). Pihaknya terus berupaya untuk pendekatan ke ponpes yang belum mempunyai ijin.

Ilustrasi (istimewa)


Dikatakan Abdul Jalil, kebanyakan ponpes yang belum memiliki ijin di kemenag adalah ponpes yang masih bernuansa klasik. Sementara ponpes yang sudah agak modern sudah memilik ijin. Lebih lanjut, alasan di lapangan bahwa ponpes yang belum berijin sebab ingin mempertahankan gaya tradisional.

Padahal, imbuhnya, ponpes yang mempunyai ijin, para santrinya bisa merasakan manfaatnya. Terlebih bila ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Karenanya, saat ini beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta juga ada yang memberikan jaminan masuk tanpa tes bila mampu hafal Al-Qur’an 30 juz.

Ditambahkan Abdul Jalil, pihaknya akan melakukan pembinaan ke ponpes yang belum berijin. "Selain itu, kami setahun dua kali juga melakukan pembinaan kepada pengelola ponpes, supaya di Kota Kretek tidak ada ponpes yang mengajarkan faham melenceng." ujarnya. (AJ/RM)

No comments

Powered by Blogger.