Tingkatkan Kecerdasan Anak Melalui Drumband

Kudus, ISKNEWS.COM - Drumband menjadi sebuah pertunjukan musikal yang kerap menyita perhatian warga. Alunan musik yang indah berpadu dengan gerak tubuh yang energik menjadi sebuah daya tarik dari pertunjukan musikal satu ini. Tak heran jika decak kagum dan sorak sorai penonton selalu menwarnai setiap pertunjukan drumband.

Terlebih jika pertunjukan musikal ini dilakukan oleh anak-anak. Tingkah anak-anak yang lucu dan menggemaskan seolah menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi penonton.

Di sisi lain, kini drumband seolah menjadi wadah untuk menyalurkan bakat musikal bagi anak. Hal ini terlihat dari maraknya sekolah yang memasukan drumband sebagai salah satu ekstrakulikulernya.

Tanpa disadari, ternyata drumband memiliki banyak manfaat bagi anak. Dari drumband anak dapat mengenal berbagai peralatan musik dan mempelajari irama.

Keceriaan anak RA Rejosari yang tengah berlatih drumband, Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Senin (19-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)


"Dengan mengikuti ekstrakulikuler drumband anak dapat berkenalan dengan berbagai peralatan musik seperti snare drum, pianika, lyra dan bass. Setelah mengenal peralatan musik tersebut, anak akan mempelajari cara memainkan musik tersebut beserta iramanya," ungkap Muthoharoh Mulyani (38), Senin (19-03-2018).

Mulyani menambahkan jika drumband dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kecerdasan anak. Karena dalam pertunjukan drumband anak dituntut untuk dapat memainkan musik dan melakukan gerak tubuh secara bersamaan. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengasah sistem koordinasi dan kecerdasan otak anak.

Selain itu, drumband dapat melatih anak untuk berani tampil di depan umum. Dengan terbiasa tampil di depan umum, anak akan lebih percaya diri dalam melakukan setiap kegiatan dan mengeksplor bakatnya.

Keceriaan anak RA Rejosari yang tengah berlatih drumband, Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Senin (19-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)


"Drumband merupakan sebuah pertunjukan musikal yang dilakukan secara bersama-sama. Oleh karenanya, kerjasama antar pemain harus terjalin dengan baik. Dari sini, anak terlatih untuk bekerjasama dengan teman sebayanya," tuturnya.

Terakhir, gerakan drumband yang energik juga bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan anak. Tak heran jika kini drumband tidak hanya menjadi sebuah pertunjukan musikal, namun sebagai wadah edukatif bagi anak-anak. (NNC/RM)

No comments

Powered by Blogger.