UNBK Mandiri, SMP 4 Kudus Butuh 100 Unit Komputer

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Lintas Kudus – Untuk bisa menyeleggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 4 Kudus, masih membutuhkan sekitar 100 unit komputer.

Kebutuhan itu sesuai jumlah peserta UNBK 2018 SMP 4 Kudus sebanyak 308 siswa, sementara jumlah komputer yang dimiliki sekolah ini hanya 20 unit. 10 unit diantarannya sudah terkoneksi jaringan internet UNBK. UNBK SMP pada tahun ini, akan dilaksanakan pada 23 – 26 April 2018.

Kepala SMP 4 Kudus, Fakhruddin mengatakan, saat ini SMP 4 Kudus yang letaknya di Jalan Dewi Sartika, Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus itu, mempunyai sebanyak 308 siswa yang akan mengikuti UNBK SMP 2018.

Sehingga untuk bisa melaksanakan UNBK sendiri dengan siswa Kelas-IX yang terbagi dalam 8 ruang, membutuhkan sebanyak 100 unit komputer. Sedangkan sekarang ini, komputer yang dipunyai SMP 4 Kudus yang terkoneksi dengan jaringan internet UNBK, baru sebanyak 10 unit. 

“Jadi masih dibutuhkan sekitar 100 unit komputer lagi, untuk bisa melaksanakan UNBK sendiri atau mandiri,” jelasnya saat dihubungi, Rabu (28-02 -2018).

SMP 4 Kudus yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Desa Singocandi, Kecamatan Kota. (Darmanto Nugroho/ISKNEWS.COM)

Idealnya agar UNBK berjalan lancar dan tepat jadwal, lanjutnya, setiap siswa peserta UNBK, menghadapi satu unit komputer. Jika jumlah peserta UNBK SMP 4 Kudus sebanyak 308 siswa, dengan tersedianya komputer sebanyak 100 unit, pelaksanaan UNBK bisa dibagi menjadi tiga shift, pagi, siang dan sore, setiap shift terdiri seratus siswa.

“Pembagian shift itu tidak akan mengganggu kelancaran UNBK, karena jadwal dalam satu hari hanya satu mata pelajaran dengan durasi dua jam,” ungkapnya.

Terkait kondisi tersebut, pihak sekolah sudah berupaya menambah jumlah komputer, terkendala sumber dananya dari mana. Pengajuan ke OPD terkait, yakni Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdipora) Kabupaten Kudus, sudah berulang kali dilakukan, namun belum pernah direalisasi. 

“Sedangkan kalau meminta kepada komite atau orangtua siswa, juga tidak mungkin, karena akan menambah beban pengeluaran untuk putra-putrinya,” keluhnya.

Pada 2017 lalu, karena keterbatasan jumlah komputer tersebut, UNBK SMP 4 Kudus dilaksanakan di SMK terdekat, yakni SMK Muhammadiyah di Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. 

Hal itu sesuai petunjuk Disdikpora, SMK yang dipinjam untuk penyelenggaraan UNBK, selain harus memiliki komputer yang terkoneksi jaringaan internet UNBK, juga jarak letak sekolah dengan SMP yang melaksanakan UNBK, tidak lebih dari 5 kilometer.

”Untuk UNBK 2018 ini yang akan dilaksanakan pada 23 – 26 April, kelihatannya tidak ada perubahan. UNBK SMP 4 Kudus akan diselengarakan lagi di SMK Muhammadiyah,” pungkas Fakhruddin. (DM/AM)

No comments

Powered by Blogger.