14.190 Siswa di Kudus Ikuti UNBK SMP/Mts, 53 Sekolah Masih Menumpang

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pendidikan - Sebanyak 14.190 siswa kelas 9 SMP dan MTs di kabupaten Kudus, tahun ini mengikuti UNBK. Untuk tahun ini seluruh SMP/MTs di Kudus sudah UNBK dan tidak ada yang menggunakan ujian nasional kertas dan pensil. 

Baik Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) maupun Kementerian Agama kabupaten Kudus dalam persiapan akhir sudah melakukan koordinasi termasuk membahas pengawas silang.

Para siswa selama 4 hari terhitung 23 - 26 April 2018 menghadapi mata pelajaran yang diujikan, diantaranya hari pertama dan kedua Bahasa Indonesia dan Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan haru keempat Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Beberapa siswi SMP 1 Mejobo sesaat sebelum masuk ruangan untuk mengikuti UNBK sesi kedua. (Aris Sofiyanto)

Kabid Dikdas pada Diadikpora Kudus, Suharto mengatakan terkait sarana dan prasarana yang telah disiapkan sebelumnya. Seperti halnya persiapan teknis bagi SMP/MTs di Kudus 3 hari sebelumnya, gunanya untuk melakukan proses sinkronisasi UNBK ke server pusat dengan jadwal yang juga sudah ditentukan oleh pusat pula.

UNBK SMP/MTs di Kudus, lanjut Suharto, tahun ini terdapat 10 sub rayon, yakni sub rayon I di SMP I Kudus, sub rayon II di SMP 2 Kudus, sub rayon III di SMP 1 Bae, sub rayon IV di MTsN 1, sub rayon V di SMP 1 Gebog, sub rayon VI di SMP 1 Jekulo, sub rayon VII di SMP 1 Dawe, sub rayon VIII di SMP 1 Mejobo, sub rayon IX di SMP 1 Undaan  dan sub rayon X di SMP 1 Jati.

Sedangkan UNBK SMP yang menyelenggarakan mandiri sebanyak 14 sekolah dan yang menumpang sebanyak 35 sekolah. Sedangkan untuk MTs, yang mandiri sebanyak 47 madrasah dan yang menumpang sebanyak 18 madrasah.

Lebih lanjut, total sekolah SMP di Kudus sebanyak 49 sekolah dan MTs sebanyak 65 madrasah. Sedangkan jumlah siswa SMP yang ikut UNBK tahun ini sebanyak 7.629 peserta dan MTs sebanyak 6.561 peserta. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.