Lulusan Teknik Mektronika SMK Wisduha Karya, Jadi Buruan Berbagai Perusahaan

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Pendidikan - Teknik Mekatronika adalah sebuah disiplin ilmu teknik yang mengkombinasikan dengan sinergi anatara teknik pemesinan, kelistrikan dan elektronika industri untuk pembuatan suatu produk. Sehingga dari segi kompetensi dari jurusan ini, merupakan irisan dari ke tiga disiplin ilmu tersebut. 

Kompleksitas dari ilmu yang dimiliki oleh lulusan teknik mekatronika, begitu dibutuhkan oleh dunia industri. Luasnya dan lengkapnya keahlian yang dimiliki, menjadikan lulusan dari jurusan satu ini seolah diburu oleh berbagai perusahaan di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Jurusan Teknik Mekatronika SMK Wisudha Karya, Denny Ruliyanto, Kamis (12-04-2018), bahwa jurusan ini memiliki disiplin ilmu yang luas dan lengkap. Sehingga lulusannya, memiliki prospek kerja yang luas dan fleksibel. Tidak dipungkiri, hal inilah yang menjadi daya tarik dan poin plus dari lulusan teknik mekatronika.

SMK Wisudha Karya Kudus, Kamis (12-04-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM)

"Lulusan mekatronika dapat mengoperasikan mesin dengan mengaplikasikan ilmu teknik pemesianan. Mereka dapat merancang sistem mesin dengan ilmu teknik elektronika industri yang dipelajari. Selanjutnya, mereka dapat melakukan perawatan dan perbaikan instalasi tenaga listrik dengan ilmu teknik listriknya," jelas Denny.

Dilanjutkannya, "Bahkan mereka dapat menggabukan ketiga disiplin ilmu tersebut dalam suatu pekerjaan perbaikan dan perawatan mesin. Dengan menggunakan lulusan mekatronika, perusahaan dapat menekan biaya operasional untuk melakukan pekerjaan tersebut. Hal inilah yang menjadikan lulusan teknik mekatronika begitu diburu oleh berbagai perusahaan."

Dikatakannya, di dalam sebuah perusahaan, seorang lulusan teknik mekatronika dapat bekerja pada berbagai bidang seperti, menjadi seorang operator industri, mekanik, maintenance dan repair.

Karena itulah, lulusan dari jurusan satu ini selalu sold out diborong oleh sejumlah perusahaan. "Lulusan teknik mektronika SMK Wisudaha Karya, sampai saat ini terpantau telah diterima bekerja semua. Bahkan banyak perusahaan yang telah mengantri untuk memberikan pekerjaan kepada siswa-siswa kami," kata Denny.

Luasnya disiplin ilmu yang dimiliki menjadikan waktu pembelajaran yang dilakukan semakin lama. Tidak seperti pembelajaran pada umumnya, anak teknik mekatronika harus menghabiskan waktu 4 tahun untuk mentamatkan jenjang SMK. Selain itu, terdapat pertimbangan lain terkait faktor usia. Dimana sebagian besar industri berskala nasional dan internasional mempersyaratkan usia kerja minimal 18 tahun

"Dengan waktu belajar yang lebih lama, menjadikan lulusan teknik mekatronika pastinya lebih matang, profesional dan siap untuk memasuki dunia kerja," pungkas Denny. (NNC) 

No comments

Powered by Blogger.