Penderita TB Paru di Kudus Meningkat

LINTASKUDUS.ISKNEWS.COM, Kesehatan - Meningkatnya temuan kasus TB paru di Kabupaten Kudus tahun ini maka akan semakin baik untuk dilakukan pengobatan. Sehingga penyebaran penyakit yang mematikan itu dapat dieliminer. 

Hal itu dikatakan Kasi Pencegahan Penyakit Menular dan Tidak Menular pada Dinas Kesehatan kabupaten Kudus, Subiyono Jumat (13-04-2018).

Selain semakin meningkat, juga banyak penderita baru yang ditemukan. pada bulan Januari – Pebruari lalu saja terdapat 1.061 suspek TB paru. "Dari jumlah yang suspek itu, terdapat penderita baru sebanyak 201 orang," ujarnya.

(istimewa)
Kemudian, lanjut Subiyanto, yang kambuh ditemukan sebanyak 38 orang. Ditambah kata dia, setelah dilakukan pemeriksaan melalui rontgen juga ditemukan 6 penderita TB paru. Anak – anak juga ada yang terkena TB paru yakni sebanyak 21 anak. Sedangkan TB HIV yakni penderita HIV yang positif menderita TB paru sebanyak 7 orang. Sedangkan untuk penderita diabetes melitus yang juga menderita TP paru sebanyak 18 orang.

Lebih mencengangkan lagi, penderita TB paru setelah dilakukan tes dan ternyata adalah ada penderita HIV sebanyak 48 orang. Sementara untuk penderita TB paru yang kemudian dites menderita diabetes melitus ada 33 orang.

Dikatakan Subiyono, Untuk MDR yang merupakan pasien TB paru dengan pengobatan selama dua tahun, dan bila menyebarkan virus ke orang lain, maka langsung orang itu menderita TB paru MDR. Dan sampai bulan Maret lalu sudah ditemukan sebanyak 40 orang. Semua penderita TB paru itu lanjut Subiyono, sudah melakukan pengobatan secara rutin.

Pada bulan Maret saja, kata Subiyono, dari jumlah suspek sebanyak 467 orang, ditemukan penderita baru TB paru sebanyak 73 orang, kemudian penderita yang kambuh sebanyak 16 orang. Lalu untuk penderita yang diketahui menderita TB paru dari hasil rongent sebanyak 24 orang. Untuk anak – anak, pada bulan Maret ditemukan sebanyak 9 anak.

Lalu untuk penderita HIV yang juga penderita TB paru ditemukan sebanyak 6 orang. Lalu untuk penderita HIV ketika dilakukan tes ternyata juga adalah penderita TB paru dan ditemukan pada bulan Maret sebanyak 24 orang. selanjutnya ada 8 orang penderita TB paru MDR di bulan Maret. (AJ)

No comments

Powered by Blogger.